Home > Ragam Berita > Ekonomi > Cukai Tidak Mencapai Target, Sri Mulyani Perangi Peredaran Rokok Ilegal

Cukai Tidak Mencapai Target, Sri Mulyani Perangi Peredaran Rokok Ilegal

Jakarta – Laporan penerimaan cukai di tahun 2016 diketahui hanya mencapai 97,15 persen dari target yang dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, itu terjadi karena tahun lalu produksi rokok stagnan.

Cukai Tidak Mencapai Target, Sri Mulyani Perangi Peredaran Rokok Ilegal

Rokok Ilegal

“Ini tergantung dari sisi mana melihatnya. Untuk produsen, ini berita yang tidak baik. Namun, dari sisi kesehatan, ini berita baik,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja bersama Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Sang menteri pun menyatakan telah menginstruksikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk fokus memerangi rokok ilegal. Dengan tarif cukai yang cukup tinggi, perusahaan memiliki ruang untuk memproduksi rokok ilegal.

“Selama enam bulan ini, Bea Cukai rajin menindak produksi rokok ilegal terutama yang tarifnya tinggi.”

Di tahun 2016, penerimaan bea dan cukai mencapai Rp 178,72 triliun atau 97,15 persen dari target yang ditetapkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016, yakni sebesar Rp 183,96 triliun. Angka tersebut turun dari penerimaan pada 2015 yang mencapai Rp 179,58 triliun.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengungkapkan, dari penerimaan tersebut, realisasi cukai mencapai Rp 143,5 triliun atau 96,9 persen dari target dalam APBN-P. Sementara itu, penerimaan bea masuk mencapai Rp 32,2 triliun dan bea keluar mencapai Rp 2,99 triliun.

Sri Mulyani pun memandang jika penerimaan bea masuk tersebut membaik dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: 9 Januari 2017, Rupiah Diperkirakan Bergerak ke Level Rp 13.280 per US Dollar

“Ada sedikit tren yang membaik pada kuartal terakhir. Kegiatan ekspor-impor masih tumbuh negatif sehingga penerimaan dari kepabeanan, terutama bea masuk, menurun,” ujarnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Rencana Ditutupnya Dua Gerai Matahari Dikarenakan Tiga Hal Ini

Rencana Ditutupnya Dua Gerai Matahari Dikarenakan Tiga Hal Ini

Jakarta – PT Matahari Department Store Tbk dikabarkan akan seygera menutup dua gerainya yang berlokasi ...