Banyuwangi – Massa yang ergabung dalam Banyuwangi Bela Bangsa (BBB) melakukan orasi di sepanjang jalan Kota Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (25/1/2017).

LSM Gabungan Banyuwangi Bela Bangsa Minta Polisi Bubarkan Ormas Intoleran

FPI

Massa mendesak pemerintah bertindak tegas menghadapi FPI. Tuntutan tersebut disuarakan gabungan 38 LSM, pesantren, pergerakan mahasiswa, serta perkumpulan lainnya.

Ketika menggelar aksi damai di DPRD Banyuwangi, permintaan BBB ini disuarakan Hermanto, Ketua BBB, dalam bentuk petisi yang terdiri dari lima tuntutan.

Hermanto mengungkapkan, BBB mendukung Polri untuk mengusut kasus penistaan agama yang dilakukan Rizieq Sihab dan meminta pemerintah juga kepolisian untuk menindak tegas pelaku intoleran.

Warga juga mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar membubarkan ormas yang melakukan kekerasan, intoleransi, penghasutan dan merusak keharmonisan dan kedamaian bangsa. Terutama FPI.

Pemda beserta DPRD Banyuwangi juga diminta untuk mengusulkan pembubaran FPI. Dalam hal ini, masyakarat diajak bersatu menghindari provokasi maupun fitnah.

Petisi yang diajukan oleh BBB tersebut mendapat dukungan dari Ketua dan Wakil DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara serta M. Joni Subagyo.

Seluruh anggota dewan yang hadir dalam pertemuan juga menyalurkan dukungan dalam bentuk tanda tangan dalam lembar petisi.

Baca juga: Gelar Demo di Bandung, Massa Ormas : “Ini Bagian Dari Upaya Bela Ulama”

Petisi yang yang sudah disetujui oleh DPRD tersebut, diserahkan kepada perwakilan massa BBB yang terus menggelar aksi di halaman gedung dewan. (Yayan – harianindo.com)