Home > Ragam Berita > Nasional > Debat Pilgub, Anies Bahas Menata Kota

Debat Pilgub, Anies Bahas Menata Kota

Jakarta – Dalam debat Pilgub DKI Jakarta, pasangan cagub dan cawagub hanya diberi kesempatan dua menit untuk menyampaikan visi misi mereka. Dengan waktu sesingkat ini membuat mereka harus memilah pesan mana yang hendak disampaikan.

Debat Pilgub, Anies Bahas Menata Kota

Anies saat debat pilgub DKI

Kata “birokrasi” dan “menata” jadi kata kunci yang sering muncul setelah removal stopwords dilakukan. Ketika penyampaian visi misi. Dari 205 kata-kata yang diucap Anies pada segmen satu, “birokrasi” muncul 5 kali dan “menata” 4 kali, di bawahnya ada “Jakarta” 3 kali.

Dengan metode TF-IdF jika dilakukan skoring maka kata “menata” dapat pembobotan terbesar 0,039 poin.

Anies menjadikan kata “menata” dijadikan pembukaannya. “Bapak-bapak, ibu, hadirin semua, dimana pun Anda berada, menata kota lebih dari sekadar menata gedungnya, karena itu ketika berbicara menata kota, adalah menata bagaimana warga di kota bisa meraih kesejahteraan, bisa meraih keadilan, dan mendapatkan kebahagiaan. Penataan kota adalah untuk warganya,” katanya

Baca juga: Djarot Bakal Ganti Aparatur yang Bekerja Lamban

Meski secara kuantitas kata “bertanggung jawab” hanya muncul dua kali, tetapi mesin membaca scoring pembobotan kata “bertanggung jawab” lumayan cukup tinggi. Ada di urutan kedua dengan skor 0,019.

Setelah bincang banyak soal masalah “penataan”, Anies memang langsung menunjukkan telunjuknya. “Dan siapa yang bertanggung jawab itu, birokrasi. Birokrasi bertanggung jawab. Untuk memastikan seluruh asetnya. Di Jakarta ini aset birokrasi perolehannya 341 triliun, tapi kalau dihitung keseluruhannya, lebih dari seribu triliun. Itu artinya per orang di Jakarta sebenarnya memiliki aset 100 juta. Ini dimanfaatkan oleh birokrasi, untuk kesejahteraan, keadilan, dan hadirnya kebahagiaan. Sudahkah itu terjadi? Belum, rapornya merah.” kata Anies. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Foto Anies Suap-suapan Dengan Raffi Ahmad Pancing Komentar Netizen

Foto Anies Suap-suapan Dengan Raffi Ahmad Pancing Komentar Netizen

Jakarta – Belakangan ini, beredar foto yang memperlihatkan aktor dan pembawa acara Raffi Ahmad tengah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis