Home > Ragam Berita > Nasional > Taufik Ismail Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Kebangkitan PKI

Taufik Ismail Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Kebangkitan PKI

Jakarta – Sastrawan Taufik Ismail memberikan kritik yang cukup pedas terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ia sebutkan mirip dengan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada masa lampau.

Taufik Ismail Sebut Pemerintahan Jokowi Mirip Kebangkitan PKI

“Situasi minggu-minggu dan bulan-bulan terakhir ini, mirip situasi pada tahun 62, 63, 64, dan 65,” kata Taufik Ismail saat memberikan sambutan di acara Deklarasi Alumni Universitas Indonesia Bangkit untuk Keadilan di Perpustakaan UI, Jumat (27/1/2017).

Taufik Ismail kemudian mengisahkan, setelah PKI gagal mengambil alih kekuasaan pada 1926 dan 1948, mereka kemudian mendekati Presiden Soekarno untuk menghasutnya agar membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipilih secara demokratis oleh rakyat, bahkan mendapatkan banyak pujian dari dunia internasional.

Pada saat itu, media Amerika dan Eropa memuji Indonesia yang baru sepuluh tahun merdeka namun telah mampu menggelar Pemilihan Umum dengan sangat demokratis, tertib, dan aman.

“Namun, pada waktu bersamaan ada suatu negara yang jaraknya tidak jauh dari Indonesia menggelar pemilihan umum pertama tapi heboh. Sesama partai berkelahi. Bahkan, ada belasan orang yang terbunuh. Negara itu adalah Filipina. (Demokrasi) kita dipandang dunia waktu itu,” ujar Taufik.

Taufik kemudian melanjutkan, situasi di Indonesia kemudian berubah setelah Presiden Soekarno membubarkan DPR dan menunjuk 200 anggota DPR yang baru. Anggota DPR yang baru ini kemudian mengangkat Soekarno menjadi presiden seumur hidup yang kemudian mendapat tentangan dari Mohammad Hatta, yang lalu memilih untuk mengundurkan diri sebagai wakil presiden.

Saat konsep Nasionalis, Agama dan Komunis (Nasakom) diutarakan oleh Soekarno, PKI mulai berupaya untuk menjatuhkan pemerintahan yang ketiga kalinya, namun kembali gagal.

“Dia (Sukarno) tidak tahu orang komunis ini kerjanya berdusta dan menjegal. Konsep Nasakom dijegal. Dan mereka merebut kekuasaan ketiga kalinya, tapi gagal juga,” pungkas Taufik.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SBY Sebut Ada Yang Melarang Jokowi Bertemu Dirinya, Johan Budi: Sebut Saja Siapa

SBY Sebut Ada Yang Melarang Jokowi Bertemu Dirinya, Johan Budi: Sebut Saja Siapa

Jakarta – Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi yang juga mantan juru bicara KPK, Johan Budi, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis