Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Awas, Kekurangan Glukosa Bisa Menjadi Pemicu Kerusakan Otak

Awas, Kekurangan Glukosa Bisa Menjadi Pemicu Kerusakan Otak

Jakarta – Glukosa atau zat gula memang sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa episode kronik dari tingkat zat gula dalam otak bisa mendorong munculnya penurunan kognitif yang akan berujung pada penyakit Alzheimer.

Awas, Kekurangan Glukosa Bisa Menjadi Pemicu Kerusakan Otak

Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa penurunan kadar glukosa akan berdampak bruk bagi otak, yaitu kehilangan ingatan. Terganggunya hippocampus dan bagian otak lainnya akan menyebabkan neuron kelaparan dan pada akhirnya mati.

“Salah satu perubahan konsisten pada otak manusia dengan perbedaan tingkat kerusakan kognitif adalah penurunan ketersedian glukosa atau zat gula di hippocampus,” jelas Domenico Pratico, Professor di Temple University di Pennsylvania, Amerika.

“bisa jadi jenis episode dari penurunan glukosa berhubungan dengan diabetes, kondisi dimana glukosa tak bisa memasuki sel,” tambahnya.

Kerusakan memori atau hilang ingatan disebabkan oleh protein tersebut mengendap dan berkumpul di otak membentuk kekusutan sehingga menyebabkan kematian neuronal.

jurnal tentang studi hal tersebut di terbitkan secara online, Translational Psychiatry menggunakan model tikus yang diberikan deoksiglukosa 2 (DG), sebuah komponen yang menghentikan glukosa untuk masuk ke dalam sel.

Alhasil, tikus yang kekurangan glukosa berubah menjadi lebih buruk dalam uji ingatan secara signifikan dimana terjadi peningkatan dalam hal “phosphorylated tau” dan jumlah sel mati secara drastis. (Ria – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengapa Seseorang Menyebarkan Berita Hoax? Ini Penjelasan Dokter Jiwa

Mengapa Seseorang Menyebarkan Berita Hoax? Ini Penjelasan Dokter Jiwa

Jakarta – Belakangan ini pemerintah dibuat pusing dengan makin maraknya berita hoax yang tersebar di ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis