Home > Teknologi > Sains > Mengapa Panda Warnanya Hitam Putih? Ternyata Ini Sebabnya

Mengapa Panda Warnanya Hitam Putih? Ternyata Ini Sebabnya

California – Setiap binatang yang hidup di bumi ini pasti memiliki ciri khas warna yang pasti tidak sama dengan jenis binatang yang lainnya. Seperti panda misalnya.

Mengapa Panda Warnanya Hitam Putih? Ternyata Ini Sebabnya

Binatang yang termasuk dalam keluarga beruang ini memiliki ciri khas warna hitam-putih dan vegetarian, meskipun panda juga makan telur dan serangga.

Lantas mengapa panda memiliki warna khas hitam-putih?

Dilansir dari laporan Science Alerts, Senin (6/3/2017), para ilmuwan dari University of California Davis dan California State University Long Beach bekerja sama untuk meneliti warna khas dari Panda.

Dari hasil penelitian mereka terungkap bahwa Panda memiliki pewarnaan unik yang berbeda dari hewan lainnya karena pewarnaan hitam hanya terjadi di bagian tubuh tertentu.

“Terobosan dalam penelitian ini adalah memperlakukan setiap bagian dari tubuh sebagai daerah mandiri,” ujar Tim Caro dari UC Davis.

Tim Caro membandingkan setiap daerah berbeda dari warna hitam-putih panda dengan pewarnaan 39 spesies beruang lainnya. Panda juga dibandingkan dengan 195 spesies karnivora dengan memperhatikan habitat khusus mereka. Para peneliti meneliti ribuan gambar, dan mempelajari setidaknya 20 warna di lebih dari 10 area tubuh.

Dua warna pada panda memungkinkan panda hidup di dua lingkungan yang berbeda dalam daerah-daerah di pegunungan China, dan sekaligus memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan teman dan musuh.

Memiliki perut dan kepala putih membantu panda berbaur dengan latar belakang es tanpa diganggu oleh macan tutul salju atau serigala. ‘Kaus kaki’ dan lengan gelap, di sisi lain, membantu mereka bersembunyi di bayang-bayang rumpun bambu tropis selama bulan-bulan, namun tetap hangat.

Selain itu, mata panda yang seolah hidup diduga berguna untuk membantunya berkomunikasi, atau mungkin berfungsi sebagai cara untuk sinyal agresi ke pesaing. Sedangkan telinga mereka bisa memberi peringatan marah pada predator.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Celine Dion Kagum Dengan Keindahan Suara Gadis Cilik Ini

Celine Dion Kagum Dengan Keindahan Suara Gadis Cilik Ini

New York – Seperti apalah rasanya bila mimpi menjadi kenyataan? Mungkin gadis cilik bernama Celine ...