Jakarta – Menjadi orangtua merupakan sebuah hal yang susah-susah gampang. Selain menjadi anugerah, memiliki anak berarti juga memiliki segudang tanggung jawab yang mesti dipenuhi.

Jangan Katakan Hal-Hal Ini di Depan Anak

Repotnya Menjadi Orangtua

Tetapi ada hal yang sebaiknya dihindari. Bagi orangtua, hindari mengatakan beberapa hal sensitif pada anak seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (30/3/2017) berikut ini:

1. Membandingkan

Membandingkan anak dengan memberinya contoh dari apa yang orangtua mampu saat seusia anaknya adalah kesalahan pertama. Lebih baik ingat kembali kekurangan dan kesalahan yang diperbuat ketika masih kecil, sebab pernyataan demikian malah akan membuat buah hati kehilangan rasa percaya dirinya.

2. Mengambil keputusan yang salah

Jangan menghukum anak untuk menjadi dewasa. Semua orang pasti membuat kesalahan dan itu merupakan bagian dari proses pembelajaran. Mungkin buah hati mengambil bidang studi atau memilih perusahaan yang tak menarik dan tidak membuat orangtua bangga.

Tapi itu bukan berarti orangtua lalu memandang anaknya dengan menyebut dia telah membuat keputusan yang salah. Sbeagai orangtua, sebaiknya justru membimbing dan tidak memaksa untuk mematuhi pendapat orangtuanya.

3. Tidak sama dengan kakak atau adik

Ini juga merupakan perbandingan yang tidak masuk akal. Hindari mengatakan hal demikian pada anak jika tak ingin memuicu permusuhan pada anak-anak.

Baca juga: Ini Dia Tips Menghadapi Ular Piton

4. Kau seperti ayah atau ibumu

Tidak semua pasangan yang sudah menikah bahagia hidup bersama. Kepahitan dalam hubungan sering ditumpahkan dengan kata-kata yang tidak baik yang berujung pada perpisahan.

Jangan katakan pada anak bahwa dia seperti ayah atau ibunya. Ini tentu saja akan menimbulkan stigma buruk anak terhadap orangtuanya. (Yayan – harianindo.com)