California – Meniadakan colokan audio belakangan ini telah menjadi tren tersendiri. Apple pun telah memulainya di iPhone 7. Kini beberapa smartphone Android melakukan hal serupa. Misalnya, Motorola mengikuti. Konsepnya tersebut diterapkan pada Moto Z Force.

Motorola Bakal Kembali Pakai Terknologi Jack Audio

Smartphone yang dirilis global pada Juni 2016 tersebut menjadi smartphone Motorola pertama yang tak menggunakan jack audio. Kini setelah berlalunya era Moto Z Force seri pertama, Motorola pun sedang bersiap untuk menghadirkan versi kedua yakni Moto Z2 Force.

Sebagaimada dilansir dari @OnLeaks dan Android Authority pada Selasa (17/4/2017), terdapat perbedaan yang ada di Moto Z2 Force dibandingkan terdahulunya. Dikutip dari Android Police, Minggu (16/4/2017), jika di Moto Z Force tak menyediakan colokan audio, di seri keduanya ini Motorola kembali membawakan colokan tersebut.

Sementara dari segi desain, tak ada yang berubah dari Moto Z2 Force. Diduga hal ini dikarenakan agar perangkat tersebut masih bisa dipasangkan dengan modular di handset sebelumnya. Hanya saja dari segi ketebalan, Moto Z2 Force lebih tipis dari Moto Z Froce.

Selain Moto Z Force, @OnLeaks dan Android Authority juga turut mengungkap tampilan dari Moto E4 Plus yang merupakan penerus Moto E4. Desain keduanya tak banyak perbedaan kecuali celah di bagian pojok bawah Moto E4 Plus.

Celah tersebut biasanya digunakan untuk membuka cover bagian belakang untuk mengganti bateria, atau memasukkan sim card dan micro SD. (Tita Yanuantari – harianindo.com)