Pyongyang – Situasi terkini di Semenanjung Korea sedang tegang. Meski demikian, seolah tidak peduli dengan hal tersbeut, Korea Utara (Korut) baru-baru ini justru melakukan uji coba rudal balistik untuk kesekian kalinya, Kamis (4/5/2017).

Inikah Bentuk Tantangan Pemerintah Korut Terhadap AS ?

Rudal Korut

Berdasarkan pemberitaan, diketahui apabila peluncuran rudal tersebut dilakukan di dekat Pangkalan udara Pukchang. Senjata mematikan kabarnya sempat mengudara selama beberapa menit sebelum akhirnya meledak dan jatuh.

Pihak militer Amerika Serikat (AS) beserta Korea Selatan (Korsel) sendiri menyebut apabila uji coba tersebut adalah upaya yang gagal. Meski begitu, mereka tetap meradang atas fakta jika pemerintahan Kim Jong Un tidak menggubris ancam dan juga situasi yang tengah terjadi.

Juru bicara AS lantas mengatakan jika pihaknya tidak akan tinggal diam dan ingin membawa Korut ke DK PBB. Dalam pertemuan baru-baru ini Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson bahkan mendesak berbagai negara untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Korut demi menekan mereka menghentikan rudal dan nuklir.

Baca juga: AS Kirim Kapal Induk, Korea Utara Ancam Lenyapkan AS dari Muka Bumi

Sementara itu, uji coba nuklir Korut tersebut juga mendapat kecaman dari negara-negara ASEAN. Sejumlah Menlu negara ASEAN menyerukan Korut untuk mematuhi sanksi dari PBB demi membatasi program senjatanya. (Yayan – harianindo.com)