Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 6 Jenis Makanan Terbaik untuk Wanita Lanjut Usia

6 Jenis Makanan Terbaik untuk Wanita Lanjut Usia

Jakarta – Kaum Hawa rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Terlebih, seiring dengan bertambahnya usia.

6 Jenis Makanan Terbaik untuk Wanita Lanjut Usia

Wanita Lanjut Usia

Makanan adalah salah satu faktor yang memberi pengaruh besar bagi kesehatan. Semakin tua seorang wanita, dirinya pasti membutuhkan beberapa makanan yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

Berikut kami hadirkan lima jenis makanan yang dapat mendukung wanita seiring bertambahnya usia seperti dilansir dari metrotvnews.com, Senin (15/5/2017):

1. Susu yang padat vitamin D

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk membuat vitamin D dari sinar matahari menurun. Usus dan ginjal kehilangan beberapa kemampuan untuk menyerap dan mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif, yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium penguat tulang dan melawan osteoporosis penipisan tulang. Kebanyakan wanita kekurangan vitamin D karena tidak minum susu yang cukup kandungan vitamin D.

2. Sereal gandum utuh dengan vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan saraf dan sel darah merah, tetapi ini hanya ditemukan secara alami pada makanan hewani seperti unggas, daging dan ikan. Orang dewasa yang lebih tua mengalami penurunan sekresi asam klorida di perut mereka yang membantu tubuh menyerap bentuk alami dari vitamin B12. Namun, vitamin B12 adalah sintetis yang dapat ditambahkan ke makanan seperti sereal gandum utuh.

3. Salmon kalengan

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor 1 di antara wanita pascamenopause. Wanita yang lanjut usia setidaknya harus makan ikan setiap minggu terutama jenis ikan berlemak sehat seperti salmon. Ikan ini juga sumber protein yang sangat baik untuk wanita paruh baya.

4. Kentang panggang

Kentang adalah sumber potasium yang luar biasa, terjangkau dan kaya nutrisi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang sering dialami wanita lanjut usia. Menambahkan makanan kaya kalium dapat membantu menghindari tekanan darah tinggi dan ini dapat mengurangi risiko stroke, penyebab utama kematian di kalangan wanita.

Baca juga: Ingin Sistem Pencernaan Anda Sehat ? Konsumsi Makanan Berikut Ini

5. Kale

Katarak merupakan salah satu masalah yang dialami orang lanjut usia. Sayangnya, katarak yang dapat mengganggu penglihatan ini lebih sering terjadi pada wanita. Kale, sayuran yang kaya dengan dua fitokimia yaitu lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko katarak tersebut. Sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam dan selada romaine juga merupakan sumber fitokimia yang baik. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Selain Telur, Inilah Sumber Protein Tertinggi

Selain Telur, Inilah Sumber Protein Tertinggi

Jakarta – Secara umum, telur diakui sebagai sumber protein yang tinggi. Sebutir telur rebus berisi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis