Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Tilang, Polisi Minta Seluruh Netizen Aktif Melapor di NTMC

Terkait Tilang, Polisi Minta Seluruh Netizen Aktif Melapor di NTMC

Jakarta – Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Chrysnanda Dwilaksana mengatakan, dalam waktu dekat kepolisian akan memberlakukan tilang berdasarkan laporan masyarakat.

Terkait Tilang, Polisi Minta Seluruh Netizen Aktif Melapor di NTMC

Chrysnanda mengatakan, penindakan dengan cara ini merupakan bagian dari e-policing atau membangun kepolisian di era digital. “Kirim ke NTMC (National Traffic Management Center), kami kan juga punya Twitter, Facebook, Instagram,” kata Chrysnanda ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2017) malam.

Chrysnanda melanjutkan, untuk tahap awal, ia akan membiasakan seluruh warganet untuk aktif melapor ke NTMC. Menurut dia, pelanggaran lalu lintas bisa dikurangi dengan adanya pengawasan bersama di masyarakat.

Tahap selanjutnya, memberlakukan pelayanan hukum yang serba elektronik, sehingga laporan itu bisa ditindak lanjuti dengan menilang pelanggar hukum berdasarkan laporan warga.

“Kita bertahap, tapi nanti akan tercatat, akan segera dimulai,” ujarnya.

Pada Oktober mendatang, Chrysnanda menyebut, polisi segera meluncurkan modernisasi sistem. Dia mengakui, selama ini kepolisian dan kebanyakan instansi penegak hukum masih bekerja dengan cara konvensional dan parsial.

Baca juga: KPK Tegaskan Tidak Terpengaruh dengan Kondisi Setnov

Akibatnya, pelayanan terhadap masyarakat tidak maksimal. Namun ia yakin dengan sistem elektronik seperti tilang dari warganet dan tilang dari pantauan kamera CCTV, pelanggaran dapat ditindak tanpa cela.

“Kalau di tiap jalan pasang CCTV, 24 jam dipantau, yang melanggar rambu ketahuan di situ langsung dicatat, 100 kali melanggar maka 100 kali dia harus bayar,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Berhasil Bongkar Pabrik Nata de Coco Campuran Pupuk Urea di Majalengka

Polisi Berhasil Bongkar Pabrik Nata de Coco Campuran Pupuk Urea di Majalengka

Majalengka – Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah berhasil membongkar ...