Home > Ragam Berita > Internasional > Usai Dipameri Jokowi, Brunei Kepincut Beli Alutista Buatan Pindad

Usai Dipameri Jokowi, Brunei Kepincut Beli Alutista Buatan Pindad

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah melakukan kunjungan ke Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (03/05/2018). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi “memamerkan” sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan PT Pindad.

Usai Dipameri Jokowi, Brunei Kepincut Beli Alutista Buatan Pindad

Usai Dipameri Jokowi, Brunei Kepincut Beli Alutista Buatan Pindad

Rupanya hasil dari ‘pamer’ tersebut, Sultan Brunei ke-29 itu kepincut dan memutuskan membeli senjata dari Indonesia. Brunei berencana untuk membeli senjata api dan kendaraan lapis baja buatan PT Pindad.

“Yang jelas, tadi (kunjungan Bolkiah) dengan PT Pindad untuk (membeli) senjata dan Anoa,” terang Presiden Jokowi yang menerima kunjungan Bolkiah di Mabes TNI kemarin.

Jokowi sudah memerintahkan agar proses transaksi pembelian dapat lebih dipercepat. Kini keputusan belanja alutsista itu sudah dalam proses. Sembari menunggu proses tersebut, Presiden Jokowi kembali ‘memamerkan’ sejumlah alutsista buatan dalam negeri yang lainnya.

Baca juga : Negara Ini Berlakukan Tarif Parkir Rp 90 Ribu Per 2 Jam

Dilansir Jawapos, Jumat (04/05/2018), Bolkiah mengunjungi Mabes TNI menggunakan seragam militer lengkap dengan baret Kopassus. Ia juga sempat disuguhi demonstrasi sejumlah kemampuan prajurit TNI.

Jokowi juga mengajak Sultan Brunei ke-29 itu melihat langsung pameran industri pertahanan (inhan) yang digelar khusus dalam kunjungan singkat Bolkiah. Terdapat dua jenis alutsista PT Pindad yang dipamerkan. Yakni, satu unit kendaraan taktis Komodo dan empat kendaraan lapis baja Anoa.

Presiden Jokowi tidak hanya menawarkan alutsista yang dipamerkan. Dia juga menawarkan alutsista lain. Namun sayangnya Bolkiah masih akan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

“Kami tadi menawarkan juga kapal. Beliau masih menghitung-hitung dulu,” jelasnya.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Tembak Dua Terduga Teroris di Tambun, Ini Kronologinya

Polisi Tembak Dua Terduga Teroris di Tambun, Ini Kronologinya

Jakarta – Polisi berhasil menangkap empat terduga teroris di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis ...