Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Politik: Demokrat Hadapi Banyak Rintangan bila Merapat ke Koalisi Jokowi

Pengamat Politik: Demokrat Hadapi Banyak Rintangan bila Merapat ke Koalisi Jokowi

Jakarta – Mendekati pendaftaran capres-cawapres pada Agustus mendatang, sejumlah partai politik telah mendeklarasikan dukungannya terhadap sejumlah tokoh yang menjadi kandidat pada Pilpres 2019. Namun hingga kini, Partai Demokrat belum menentukan sikap politiknya di Pilpres 2019.

Pengamat Politik: Demokrat Hadapi Banyak Rintangan bila Merapat ke Koalisi Jokowi

Demokrat

Pengamat politik CSIS, Arya Fernandes menilai, Demokrat sebetulnya punya keinginan untuk merapat ke koalisi Joko Widodo. Namun, banyak rintangan yang harus dihadapi Demokrat bila ingin merapat ke Jokowi.

“Saya kira Demokrat masih mempertimbangkan beberapa opsi dan saya melihat Demokrat ada keinginan untuk bergabung bersama Jokowi. Tetapi itu tidak mudah karena di internal Jokowi sendiri itu muncul semacam ketegangan, ya terutama dari PDIP,” kata Arya pada Rabu (6/6/2018).

“Terutama yang hubungannya relatif dalam beberapa tahun terakhir ini kurang harmonis dengan Demokrat dan SBY. Jadi usaha Demokrat untuk mendekati Jokowi tentu itu sangat akan mendapatkan semacam tantangan dari internal PDIP. Nah tidak mudah,” lanjut dia.

Tak hanya dari internal PDIP saja, parpol yang sejak awal mendukung Jokowi maju sebagai capres kemungkinan besar akan menentang bila Demokrat merapat.

“Demokrat bukan bagian dari pemerintahan gitu. Bila dia masuk tentu akan muncul penolakan juga dari partai-partai koalisi lainnya. Apalagi beberapa pimpinan partai dari koalisi juga sudah mendeklarasikan diri dan berkeinginan jadi cawapres Jokowi,” tuturnya.

Baca juga: AHY : Partai Demokrat Belum Tentukan Koaliasi di Pilpres 2019

Namun, Arya yakin Demokrat akan tetap berupaya mendekati Jokowi. Tentunya mungkin dengan berbagai strategi seperti mencari tokoh tengah yang tak punya afiliasi partai atau tokoh yang memang dekat dengan parpol koalisi Jokowi. Sosok ini kemudian ditawarkan kepada Jokowi.

“Bisa dari profesional, ekonom yang dekat dengan Demokrat, kemudian ditawarkan kepada Jokowi. Tokoh ini bisa juga dekat dengan partai-partai lainnya gitu,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Amien Rais Diusulkan Jadi Capres, PAN : Calon Potensial Yang Bisa Kalahkan Jokowi

Amien Rais Diusulkan Jadi Capres, PAN : Calon Potensial Yang Bisa Kalahkan Jokowi

Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyatakan kesiapannya untuk bertarung dalam bursa calon ...