Garut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengklaim proses pemungutan suara Pilgub di 74.954 TPS se-Jabar berlangsung aman.

KPU Tegaskan Partisipasi Warga Dalam Pilgub Jabar Sangat Tinggi

Komisi Pemilihan Umum

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyebutkan, selama proses tersebut tidak ada gangguan yang berarti. Bahkan, ia mengklaim tingkat partisipasi masyarakat pada Pilgub kali ini meningkat dari Pilgub sebelumnya.

“Aspek teknis pemungutan dan penghitungan di seluruh TPS, itu berjalan dengan baik hampir seluruh, sebagian besar sudah terlayani dengan baik oleh petugas KPPS. Bahkan tingkat partisipasi jauh meningkat dibanding Pilgub 2013,” ujar Yayat saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (27/6/2018).

Dia mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pilgub Jabar 2018 naik sekitar 10 persen. Menurutnya, pada Pilgub 2013 masyarakat yang menggunakan hak pilihnya hanya berkisar 60 persen. Namun, Pilgub kali ini partisipasi masyarakat meningkat menjadi 70 persen lebih.

Baca juga: Sudirman Said Tegaskan Masih Ada Pelanggaran Dalam Pilgub

“Pada Pilgub 2013 hanya sekitar 63 persen. Sekarang di atas 70 persen. Ini menunjukan hak pilih masyarakat terlayani dengan baik,” kata dia.

Sampai saat ini, petugas KPU Jabar masih melakukan penghitungan dan pengumpulan surat suara yang masih berada di TPS. Surat suara tersebut nantinya akan dikumpulkan dan dihitung di masing-masing di tingkat kecamatan sebelum masuk ke KPU. KPU Jabar baru akan merekapitulasi surat suara dari seluruh TPS se-Jabar pada tanggal 9 Juli 2018. (Tita Yananuantari – www.harianindo.com)