Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Imbau Masyarakat Bersabar dengan Hasil Pilkada

MUI Imbau Masyarakat Bersabar dengan Hasil Pilkada

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia bersyukur pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di 171 di seluruh Indonesia berlangsung dengan aman, lancar, damai dan demokratis. Hal tersebut menunjukkan masyarakat semakin matang dan dewasa dalam berdemokrasi.

MUI Imbau Masyarakat Bersabar dengan Hasil Pilkada

Untuk itu, MUI meminta masyarakat untuk bersabar dengan hasil perolehan suara Pilkada meski telah muncul angka hitung cepat (quick count) dari berbagai lembaga survei.

Semua pihak hendaknya menunggu hasil penghitungan nyata Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan pasangan calon yang dinyatakan menang secara definitif.

“MUI mengajak kepada semua pihak untuk menghormati hasil Pilkada karena itu adalah hasil pilihan rakyat dari sebuah proses demokrasi yang harus dijunjung tinggi,” kata Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi di Jakarta pada Jumat (29/6/2018).

Zainut juga meminta kepada pasangan calon pemenang Pilkada versi quick countdimohon untuk dapat mencegah euforia pendukungnya untuk merayakan kemenangan secara berlebihan, karena hal tersebut dapat melahirkan sikap antipati bagi pihak yang kalah.

Maka, tugas terberat pertama yang harus diselesaikan oleh paslon pemenang pilkada ialah melakukan islah atau rekonsiliasi sosial antarwarga yang selama proses pelaksanaan pilkada terjadi berbagai perbedaan, baik perbedaan pilihan paslon maupun perbedaan sikap dan pandangan politik.

Baca juga: Airlangga dan Romahurmuziy Sepakat Berkoalisi untuk Usung Jokowi

MUI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada aparat penyelenggara Pilkada, baik itu KPUD, Bawaslu dan aparat keamanan yang sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, profesional dan penuh tanggung jawab sehingga Pilkada berjalan dengan tertib, aman, lancar dan penuh kegembiraan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Amien Rais : "Politik Enggak Boleh di Masjid, Itu Kurang Ajar"

Amien Rais : “Politik Enggak Boleh di Masjid, Itu Kurang Ajar”

Jakarta – Acara halalbihalal yang digelar di Universitas Bung Karno (UBK), Jalan Kimia, Cikini, Menteng, ...