Home > Ragam Berita > Nasional > PPP Beberkan Syarat Calon yang Layak Dampingi Jokowi

PPP Beberkan Syarat Calon yang Layak Dampingi Jokowi

Jakarta – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengutarakan syarat calon yang dianggap layak mendampingi Joko Widodo pada pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang.

PPP Beberkan Syarat Calon yang Layak Dampingi Jokowi

Pimpinan koalisi partai politik yang akan mengusung Jokowi nantinya akan meminta pendapat atas sepuluh nama kandidat kepada sejumlah ormas Islam dan berbagai elemen masyarakat.

Romy mengatakan kandidat calon wakil presiden yang diusung bersama Joko Widodo akan dinilai berdasarkan kecocokan dengan Jokowi, aspek penerimaan dari seluruh pimpinan partai politik, kapasitasnya memimpin negara jika presiden berada di luar negeri, serta aspek keterpilihan.

“Ini adalah proses elektoral sehingga faktor keterpilihan atau tingkat elektabilitas juga menjadi penting,” kata Romy di Kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

“Terakhir mencerminkan keberagaman yang ada di Indonesia,” tutupnya.

Menurut Romy, pimpinan seluruh partai koalisi pendukung Jokowi seharusnya cepat membahas nama calon wakil presiden. Ia merujuk pada masa pendaftaran pasangan calon yang akan dimulai pada 4 Agustus 2018.

“Idealnya sebelum 15 Juli,” kata Romahurmuziy.

Baca juga: KPK Sampaikan Permintaan kepada Jokowi untuk untuk Biaya Berobat Novel

“Pak Jokowi akan bertemu dengan seluruh pimpinan partai koalisi untuk membahas bersama calon wakil presiden.”
Berdasarkan pengalaman 2014 lalu, kata Romy, calon wakil presiden tak bisa dibahas hanya dalam kurun waktu satu hingga dua malam. “Ini akan berjalan selama beberapa pertemuan sehingga kalau pertemuan dilakukan terlalu mepet, ada hal-hal secara teknis sulit terkejar,” kata dia.

Romy menuturkan, ada sepuluh nama kandidat wakil presiden dengan beda latar belakang yang dinilai layak menjadi pendamping Jokowi. Romy tak merinci kesepuluh nama itu. Namun mereka itulah yang menurut dia akan dimintakan pertimbangan ke ormas Islam dan komponen masyarakat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ruhut Meyakini JK Tidak Akan Mau Disandingkan Dengan AHY

Ruhut Meyakini JK Tidak Akan Mau Disandingkan Dengan AHY

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini muncul wacana pasangan baru yang akan ikut bertarung dalam ...