Jakarta – Mahkamah Agung (MA) mengambil sumpah dua hakim agung baru yakni Dr. Drs. H. Abdul Manaf, MH dan Dr. Pri Pambudi Teguh, SH. MH. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

MA Ambil Sumpah Dua Hakim Agung Baru

Mahkamah Agung

Pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Ketua MA Hatta Ali. Acara dimulai sekitar pukul 11.00 WIB di Ruang Kusumaatmadja yang terletak di lantai 14 Gedung MA. Hatta Ali melantik Pri Pambudi sebagai hakim agung kamar perdata, sedangkan Abdul Manaf sebagai hakim agung kamar agama.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Rabu tanggal 15 Agustus 2018 saya melantik, satu, saudara Dr. drs. H Abdul Manaf MH. Dua, saudara Dr. Pri Pambudi Teguh SH, MH, masing masing sebagai hakim agung MA,” ujar Hatta Ali, Rabu (15/8/2018).

Pengambilan sumpah juga dihadiri oleh jajaran Wakil Ketua MA, Ketua Kamar MA, beserta pejabat lainnya di lingkungan MA. Acara juga dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar diketahui merupakan adik kandung dari Pri Pambudi Teguh.

Baca juga: Mahfud MD Akui Pernah Ditawari Jabatan Menteri oleh Luhut

Sebelum diambil sumpah sebagai hakim agung, Pri berdinas selama 14 tahun di MA dan terakhir menjadi hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Semarang. Sementara, Abdul Manaf sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya.

Penetapan Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh dilakukan oleh Komisi III DPR RI pada Juli lalu. Dua hakim agung tersebut terpilih secara aklamasi pada rapat pleno penetapan setelah mendapat persetujuan dari 10 fraksi yang ada di DPR. (Tita Yanuantari – harianindo.com)