Jakarta – Papua Nugini menegaskan tidak akan mendukung perjuangan apapun yang bertujuan untuk memerdekakan Papua Barat dari Indonesia.

Papua Nugini Tegaskan Papua Menjadi Bagian Integral dari Indonesia

Menurut Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Papua Nugini, Rimbink Pato, Papua Barat merupakan bagian dari Indonesia. Terkait hal ini, Papua Nugini tidak akan mengganggunya.

Hal ini disampaikan Pato saat ditanya tentang posisi Papua Nugini di Papua Barat, mengingat fakta Vanuatu Independent sangat gencar mengusung isu Papua Barat di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami keberatan, jadi Papua Nugini tidak akan dan tidak mendukung tindakan apa pun yang diambil oleh Vanuatu, jadi kami menolaknya,” kata Pato pada September 2018 lalu.

“Setiap tindakan untuk mendukung akan menjadi pelanggaran hukum internasional, Anda tahu Papua Barat atau Papua masih bagian dan merupakan bagian integral dari Republik Indonesia dan kami memiliki hubungan bilateral dengan Republik Indonesia, jadi kami tidak akan mendukung itu,” tegasnya.

Sebelumnya, PBB sendiri telah menolak petisi kemerdekaan Papua Barat pada 30 September 2017 lalu dan menyatakan tidak akan mengambil langkah apapun untuk melawan Indonesia.
(samsularifin – harianindo.com)