Damaskus – Pasukan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah dinyatakan kalah total oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Pasukan tersebut juga mengklaim bahwsanya telah mendapat dukungan besar dari Amerika Serikat (AS).

Didukung AS, Pasukan Demokratik Suriah Klaim ISIS Telah Lumpuh Total

Didukung AS, Pasukan Demokratik Suriah Klaim ISIS Telah Lumpuh Total

Pengumuman ini disampaikan setelah wilayah Baghouz yang menjadi markas terakhir ISIS di Suriah berhasil direbut kembali sepenuhnya oleh SDF. Selama beberapa tahun terakhir ini SDF terus bertempur melawan ISIS.

“Pasukan Demokratik Suriah menyatakan pembersihan total atas hal yang disebut kekhalifahan dan 100 persen kekalahan teritorial ISIS,” tegas juru bicara SDF, Mustefa Bali, dalam pernyataannya, Sabtu (23/03/2019).

“Baghouz telah dibebaskan. Kemenangan militer terhadap Daesh (nama lain ISIS) telah tercapai,” imbuhnya.

Baca juga : Perempuan Ini Nekad Lari Tanpa Busana di Stasiun Shibuya Tokyo

Wilayah yang telah berhasil dikuasai SDF telah diberi tanda dengan mengibarkan bendera kuning mereka di Baghouz. Hal itu berarti bahwa para tentara SDF yang terdiri atas aliansi Kurdi dan Arab Suriah pada Sabtu (23/3) pagi waktu setempat telah menandai kemenangannya atas ISIS.

Selama merebut wilayah kekuasaan ISIS yang terakhir, pertempuran sengit melawan sisa-sisa militan ISIS di Baghouz, dekat perbatasan Irak, berlangsung beberapa pekan terakhir. Kekhalifahan ISIS didirikan di wilayah tersebut sejak lima tahun lalu.

“Kami memperbarui sumpah kami untuk terus berperang dan mengejar sisa-sisa mereka (ISIS-red) hingga mereka sepenuhnya dibersihkan,” tulis beberapa sumber terpercaya.

Pada menjelang hari-hari kemenangan SDF atas Baghouz, terlihat konvoi truk dari Baghouz mulai bergerak membawa ratusan hingga ribuan orang yang disebut sebagai para petempur ISIS yang menyerahkan diri yang kebanyakan berjalan pincang karena luka-luka.
(Muspri-harianindo.com)