Home > Ragam Berita > Internasional > Mahathir Mohamad Nilai Jet Tempur Malaysia Sudah Uzur

Mahathir Mohamad Nilai Jet Tempur Malaysia Sudah Uzur

Kuala Lumpur – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengomentari skuadron jet tempur saat menghadiri Pameran Maritim dan Dirgantara Internasional di Langkawi.

Mahathir Mohamad Nilai Jet Tempur Malaysia Sudah Uzur

Mahathir Mohamad

Dalam konferensi pers Selasa (26/3/2019), Mahathir menjelaskan jet tempur Malaysia mungkin sudah uzur. Namun masih menampilkan performa optimal.

“Ya, kami tertarik membeli jet tempur. Namun ini belum waktunya. Kami melihat jet tempur yang sudah lama kami beli masih bagus dan berfungsi dengan baik,” ujar Mahathir.

Sebagaimana diberitakan Channel News Asia pada Rabu (27/3/2019), PM berjuluk Dr M itu menyoroti pameran di mana jet tempur tua ikut berpartisipasi.

“(Jet tempur) itu kelihatannya dirawat dengan baik. Jika melihat performa mereka, saya yakin bakal bertahan lama,” tutur Mahathir kembali.

Juli 2018, Menteri Pertahanan Mohamad Sabu mengungkapkan dari 28 unit pesawat tempur yang diproduksi Rusia, hanya empat yang laik terbang.

Sebulan setelah itu dalam rapat dengar pendapat parlemen, Sabu menuturkan kekuatan militer Malaysia “paling rendah” di kawasan Asia Tenggara.

“Di sektor angkatan laut misalnya, kami tertinggal jauh. Vietnam sudah unggul. Indonesia yang terdepat. Sementara kami paling bawah,” keluh Sabu.

Baca juga: Rusia Tegaskan Tidak Akan Tarik Pasukan dari Venezuela

Pekan ini, Mahathir sempat melontarkan peringatan kepada Uni Eropa terkait rancangan blok itu untuk membatasi peredaran kelapa sawit. Mahathir mengatakan dia mengancam tidak akan membeli produk Eropa, terutama jet tempur, dan mempertimbangkan beralih ke China.

Meski begitu, PM berumur 93 tahun itu melanjutkan dia tidak sedang “mendeklarasikan perang” karena masih ada anggota UE yang notabene mitra dagang utama Malaysia. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Suriah Balas Serangan Udara Israel di Aleppo

Suriah Balas Serangan Udara Israel di Aleppo

Aleppo – Suriah menyatakan, mereka langsung melakukan serangan balasan setelah jet tempur Israel membombardir wilayah ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135