Gianyar – Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia harus menerima kekalahan lagi. Menjadi tuan rumah untuk menjamu Vietnam dalam laga tersebut, Indonesia harus mengakui kemenangan Vietnam dengan skor 3 – 1.

Di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019) digelar petandingan duel antaran Indonesia vs Vietnam. Pada babak pertama skuot Garuda ketinggalan 1-0 lantaran Do Duy Manh berhasil menjebol gawang dari Tim Indonesia.

pasca turun minum, Vietnam kembali berhasil menjebol gawang dari Tim Indonesia dari sepakan penalti Que Ngoc Hai dan Nguyen Tien Lienh. Pada tujuh menit terakhir gol hiburan berhasil diberikan dari tendangan pemain pengganti, Irfan Bachdim.

Dengan demikian, dari masing-masing empat pertandingan Indonesia harus menelan kekalahan. Sebelumnya Tim Indonesia harus menelan kekalahan dari Malaysia denghan total perolehan 2-3, Thailand 0-3, dan Uni Emirat Arab 0-5.

Dengan hasil tersebut, pada babak kualifikasi pertama Indonesia sudah menelan banyak kekalahan. Sebagai hasilnya Indonesia berada pada posisi terendah pada klasemen grup G, sedangkan Vietnam bertada pada posisi teratas dengan mendapatkan 10 poin.

Di pertandingan kelima, pada 15 November mendatang, Indonesia akan bertemu kembali dengan Malaysia.

Berikut adalah jalannya pertandingan saat Indonesia melawan Vietnam :

Pada lima menit awal pertandingan, Indonesia sudah menerima tekanan permainan dari Vietnam. Skuat Garuda kemudian membalas dengan umpan silang dari Sadil Ramdani yang belum maksimal sehingga menghasilkan tendangan gawang.

Pada menit ke-19, tekanan bertubi-tubi diberikan oleh Vietnam. Diawali dari tendangan bebas Nguyen Quang Hai, bola bisa diamankan tapi bergulir di jalur pemain Vietnam yang diteruskan dengan tendanan keras kendati masih mentah ditangkis Muhammad Ridho.

Sementara itu Indonesia memberikan serangan-serangan yang dinilai belum efektif. Pada akhirnya, Indonesia sulit untuk menemukan jalan.

Di menit ke-27, Vietnam akhirnya berhasil membobol pertahanan gawang Indonesia dengan poin 1-0. Do Hung Dung menanduk bola sepak pojok ke tengah gawang, sebelum diselesaikan Do Duy Manh dengan tendangan dari jarak dekat.

Semenit berselang, Vietnam hampir saja menambah poin gol mereka. Yanto Basna kehilangan bola di lapangan tengah sehingga Vietnam bisa melakukan tekanan. Untungnya pada penyelesaian terkahir bola dari Vietnam hanya melambung saja.

Pada menit ke-37, Indonesia sebenarnya bisa menciptakan peluang, namun hal itu dilewatkan. Sebuah umpan silang matang dari sisi kanan menemui Stefano Lilipaly di kotak penalti. Membelakangi gawang, Lilipaly melakukan tendangan akrobatik namun sayangnya gagal.

Empat menit kemudian, Indonesia pun berhasil menciptakan kesempatan terbaiknya. Sepak pojok Evan Dimas meluncur ke arah tiang jauh yang disambut Yanto Basna dengan sundulan. Namun, Dang van Lam masih bisa menangkap bola.

Vietnam pun langsung memberikan serangan balik yang berbahaya bagi gawang Indonesia. Menerima umpan terobosan, Nguyen Tien Lienh melepaskan sepakan kaki kiri yang melebar tipis dari gawang Muhammad Ridho.

Percobaan yang bagus dari Juni Antara menjelang turun minum. Juni Antara meneruskan bola sepak pojok dengan tendangan keras yang mengarah ke sudut atas gawang Vietnam. Babak pertama berakhir skor 1-0 tetap bertahan.

Terjangan Yanto Basna terhadap Hung Dung memaksa wasit menunjuk titik penalti. Que Ngoc Hai maju sebagai eksekutor dan sukses untuk mengeksekusinya dengan mengirim Muhammad Ridho ke arah yang berbeda sehingga tercipta skor berubah 2-0 di menit ke-55.

Dalam waktu empat menit, Vietnam sudah berhasil untuk menghasilkan gol ketiganya. Umpan terobosan dari garis tengah lapangan diterima Tien Linh. Dengan penjagaan yang lemah, Tien Linh dengan mudah menerobos gawang M Ridho dan kedudukan skor menjadi 3-0.

Usaha Indonesia mencetak gol balasan pun lenyap. Di menit ket-72, sepakan Beto Goncalves dari dalam kotak penalti hanya mampu berhentin di luar gawang Vietnam.

Pada menit ke-84 akhirnya Indonesia bisa memberikan gol pertamanya. Manuver Riko Simanjutak menusuk kotak penalti Vietnam sebelum menyodorkan bola yang diselesaikan Irfan Bachdim untuk menjadikan skot akhir 1-3.

Pertandingan berakhir, Indonesia mengalami kekalahan atas Vietnam 1-3. (Hr-harianindo.com)