Jakarta – Ketua Umum Gerindra yang juga Capres di Pilpres 2019, Prabowo Subianto beserta pasangannya di Pilpres, Sandiaga Uno, terpantau turut hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Keduanya disinyalir menampakkan gestur yang tak sama seperti biasanya.

Pakar gestur dari Paul Ekman International Indonesia, Monica Kumalasari, membeberkan analisi terkait dengan gestur yang ditampakkan tersebut. Monica mengawali dengan memberikan perbandingan gestur Prabowo pada tahun 2014 dengan gesture saat Prabowo menghadiri acara pelantikan Presiden Jokowi kemarin.

“Kalau kita lihat dulu dari Pak Prabowo. Beda dari 2014, diisukan bakal ada demo sampai seminggu sebelum pelantikan Pak Jokowi datang ke Hambalang. Nah, bedanya sekarang justru Pak Prabowo yang datang ke Pak Jokowi. Ketika saya melihat gesturnya tadi, terutama di facial expression-nya memang nggak ada beban juga Pak Prabowo sekarang,” beber Monica, Minggu (20/10/2019) malam.

Dia beranggapan bahwa Prabowo menampakkan jiwa ksatria yang menunjukkan sudah tidak ada permasalahan terkait dengan terpilihnya Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden dan acara pelantikan tersebut. Justru, gestur yang berbeda pun ditunjukan oleh Sandiaga Uno.

“Sandiaga Uno beliau dari zaman debat presiden cium tangan ke yang lebih tua, soal sopan santun Sandiaga sangat bagus. Hanya, yang saya perhatikan adalah di ekspresi wajahnya ketika mendengar pidato Pak Jokowi matanya memang memancarkan senyum, tetapi bibirnya tidak,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan micro expression dapat dilihat emosi yang terpancar dari diri seseorang. Monica menganggap dari dalam diri Sandiaga masih terdapat rasa kekecewaan terhadap hal tersebut.

“Dari bibirnya itu mengindikasikan, kalau orang senyum di kiri dan kanan itu ada otot-otot yang ketarik lah gitu, tapi tadi pada bibirnya saya menemukan ada shuttle expression di mana emosinya tadi adalah emosi seperti sedih. Mungkin, dugaan saya beliau kan effort-nya sudah luar biasa untuk maju ke kancah ini. Jadi ya tetap ada kekecewaan ya. Saya melihat kalau dari emosinya adalah seperti itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Prabowo-Sandiaga turut hadir dan duduk bersebelahan saat acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf di gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10). Keduanya juga terlihat memberikan hormat saat nama mereka disebut oleh Jokowi.

Tampak juga Prabowo-Sandi memberikan ucapan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf. (Hr-harianindo.com)