Jakarta- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan menggelar acara puncak Hari Santri Nasional 2019, dengan mengadakan kegiatan Santri Culture Night Carnival (SCNC), namun, Menteri Agama, Fachrul Razi tidak akan diundang oleh panitia dalam perhelatan tersebut.

Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Abdusalam Sokhib, selaku tuan rumah acara tersebut mengungkapkan, Menag tidak turut diundang lantaran pihaknya masih belum mengetahui apakah Fachrul Razi seorang santri atau bukan.

“Untuk (mengundang) Menteri Agama, saya belum pernah tahu beliau pakai sarung, jadi karena nanti khawatir enggak sampai undangannya, jadi belum dulu,” ungkap Abdusalam, di Surabaya, Kamis (24/10).

Selain itu, Abdusalam juga membeberkan alasan tidak mengundang Fachrul lantaran dia bukan termasuk kader NU.

“Selama ini kita belum tahu ya, tapi kalau kader jelas bukan, definisi kader itu kan yang pernah aktif di organisasi Nahdlatul Ulama, baik di tingkat ranting ataupun desa sampai di tingkat pusat apakah itu Ansor atau IPPNU atau yang lain,” tutur dia.

Menurutnya, jika Fachrul tidak memiliki track record berorganisasi di NU, maka dia tidak bisa dikatakan sebagai kader NU. Walaupun demikian, ia menekankan bahwa dirinya tidak memiliki hak untuk melarang seseorang yang mengklaim sebagai kader NU.

“Kalau tidak punya kualifikasi ini tentu belum, tapi kalau mengaku warga NU, ya monggo karena tidak ada yang bisa melarang menjadi warga NU,” ujar dia.

Lebih lanjut, dalam acara SCNC yang dihelat di Kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya, Minggu (27/10) nanti, pihaknya juga turut mengundang Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

“Karena ini Hari Santri Nasional yang kita undang adalah kader-kader santri dari berbagai tempat, karena Wapresnya santri, kita undang,” ujar dia.

Namun, Abdusalam berdalih bahwa undangan untuk KH Ma’ruf Amin bukan lantaran dirinya sebagai wakil presiden, namun lantaran KH Ma’ruf Amin adalah seorang santri dan kader NU dari dulu.

“Jadi KH Maruf Amin diundang ini bukan karena jabatan wapresnya saja tapi karena beliau santri,” jelasnya.

Santri Culture Night Carnival (SCNC) 2019 akan dihelat pada Minggu (27/10) pukul 18.30 WIB depan kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Perhelatan tersebut termasuk dalam rangkaian perayaan Hari Santri Nasional. (Hr-www.harianindo.com)