Jakarta – Baru-baru ini, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada Senin (11/11/2019) kemarin. Rupanya, banyak orang yang diduga adalah pendaftar CPNS yang memburu jimat demi menambah peruntungan.

Salah satu jujugan yang didatangi adalah Pasar Rawa Bening Jakarta Gems Center, Jatinegara, Jakarta Timur. Pasar tersebut memang dikenal sebagai sentra penjualan batu akik, logam mulia, keris, hingga jimat.

Awan (33) merupakan salah satu pedagang di Jakarta Gems Center. Ia sendiri menjual batu akik, keris, dan medium jimat lainnya. Meski menjadi penjual, Awan sendiri mengaku bahwa dirinya tak mempercayai khasiat jimat.

Sejak berjualan di pasar tersebut pada tahun 2009, Awan mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah menggunakan jimat.

“Saya dagang doang sih, saya dagang ini (jimat) malah istri saya enggak mau saya pakai beginian,” kata Awan di Jakarta Gems Center, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, khasiat jimat yang mampu memberi peruntungan hanyalah sugesti dari pemilik. Oleh sebab itu, Awan hanya berniat untuk menjualnya saja tanpa mengenakan jimat.

“Kalau menurut saya itu sih sugesti aja,” ujarnya. (Elhas-harianindo.com)