Jakarta – Linimasa Twitter Indonesia sempat diramaikan dengan tagar #GanyangMalaysia dan #ShameOnYouSaddiq. Rupanya dua tagar tersebut merupakan reaksi atas ketidakpuasan netizen Indonesia terhadap Malaysia yang tidak peduli akan kasus aksi pengeroyokan yang dilakukan oleh para suporter Malaysia terhadap pendukung Indonesia.

Dengan banyak cuitan lebih dari 17 ribu, tagar #GanyangMalaysia sempat memuncaki trending Indonesia pada Jumat (22/11/2019) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Viralnya tagar tersebut dipicu oleh aksi pengeroyokan yang terjadi saat Malaysia menjamu Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (19/11/2019) lalu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kemenpora Menunggu Permintaan Maaf Pihak Malaysia

Kericuhan yang berbuntut pengeroyokan tersebut sempat terekam di video yang belakangan juga viral. Nampak di unggahan tersebut sejumlah pendukung Malaysia memukuli suporter Indonesia usai laga berakhir.

Menanggapi video tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq meminta korban untuk segera melapor ke pihak berwajib.

“Saya sudah perintahkan kepada Kepolisian untuk mengusutnya. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh ia buat laporan ke polisi. Kami akan pastikan ada pengusutan yang tepat dan transparan. Keadilan adalah untuk semua, terlepas dari Malaysia atau Indonesia,” cuit Syed Saddiq.

Akan tetapi, cuitan Syed Saddiq tersebut mendapat kecaman dari para netizen Indonesia. Sebab, menteri muda tersebut sama sekali tidak meminta maaf atas kejadian itu.

Netizen kemudian ada yang mengungkit perkara kerusuhan suporter kala Indonesia menjamu Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (05/09/2019) silam.

Pada saat itu, Syed Saddiq menanggapi dengan melaporkan hal tersebut ke FIFA. Tak hanya itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia secara resmi juga meminta maaf ke Malaysia.

Leg 1 mau laporin FIFA dan sudah clear, pihak Indonesia mau minta maaf karena salah. Leg 2 cuma bilang bikin laporan ke polisi, Malaysia tidak mau minta maaf. Not respect to you,” respons netizen. (Elhas-harianindo.com)