Jakarta – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi menyatakan telah dilakukan negosiasi antara Kerajaan Arab dengan Pemerintahan Indonesia terkait upaya untuk memulangkan Imam Besar FPI, Habib Rizieq.

Hal tersebut diungkapkan oleh Esam pasca menggelar pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

“Negosiasi dilakukan oleh otoritas atau pejabat tinggi antara kedua negara,” ujar Esam.

Kendati demikian, Esam enggan untuk memberikan jawaban terkait dengan adanya isu pencekalan terhadap Rizieq yang diminta Pemerintah Indonesia terhadap kerajaan Arab Saudi.

Esam menyatakan dengan tegas bahwa saat ini upaya untuk memulangkan Rizieq masih dalam tahap negosiasi yang dilakukan oleh kedua negara.

“Saya tidak bisa bicara apa pun, karena ini sedang dinegosiasikan secara mendalam oleh kedua otoritas, antara Arab Saudi dan Indonesia,” tuturnya.

Esam membeberkan bahwa pertemuannya dengan Mahfud tidak membahas permasalahan terkait dengan Rizieq.

Dia mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Mahfud hanya membahas masalah kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi.

“Kami tidak membicarakan hal tersebut (pencekalan Rizieq). Hanya (membahas) kerja sama antara Arab Saudi dan Indonesia terkait berbagai hal,” pungkasnya. (Hr-harianindo.com)