Manila – Tak hanya di Asia Tenggara, media internasional pun juga turut menyoroti penyelenggaraan SEA Games 2019 di Filipina. Akan tetapi, pemberitaan yang beredar mayoritas bernada negatif. Sebab, ditemukan banyak kasus yang menunjukkan ketidaksiapan tuan rumah.

Hal tersebut rupanya mendapat tanggapan dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Ia yang saat ini tengah menghadiri acara ASEAN-Korea Summit di Busan, Korea Selatan, disebutkan murka dengan kabar tersebut.

Baca Juga: Netizen Soroti Pemandangan Tak Lazim Bikin Ngakak di SEA Games 2019

Melalui Juru Bicara Kepresidenan Filipina, Salvador Panelo, Duterte mengatakan bahwa seharusnya permasalahan yang muncul tersebut bisa dan mudah untuk ditangani dari awal.

“Kesalahan ini seharusnya bisa dihindari, dan mudah untuk diatasi. Itulah mengapa Presiden marah,” kata Panelo pada Selasa (26/11/2019).

Sejumlah permasalahan di SEA Games 2019 bermunculan. Seperti kontingen asal Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste yang tak mendapat jemputan bis. Ruang ganti Timnas Thailand juga lebih terlihat seperti gudang.

Tak hanya itu, ruangan media center di Stadion Rizal Memorial juga jauh dari kata layak. Hanya ada deretan kursi plastik dengan ruangan yang belum jadi.

Yang terbaru, Timnas Indonesia dan Singapura mengaku mengalami kendala soal makanan halal. Padahal, sebagian pemain mereka beragama Islam. (Elhas-harianindo.com)