Vatikan – Paus Fransiskus, selaku imam tertinggi Katolik sedunia tidak membantah ada praktik korupsi di Vatikan. Selain itu, Paus Fransiskus mengatakan hal tersebut sebagai sebuah skandal.

Pernyataan Paus tersebut meruakan kali pertama ia mengklaim adanya praktik korupsi dalam sistem keuangan Vatikan. Sejauh ini, sejumlah bukti telah dikumpulkan.

“Ada korupsi, jelas. Dengan interogasi kita akan melihat apakah mereka bersalah atau tidak. Ini adalah perbuatan tercela, tidak pantas ini terjadi di Vatikan,” ujar Paus Fransiskus dalam konferensi persnya di dalam pesawat saat perjalanan pulang dari Jepang, Selasa (26/11/2019), seperti disadur dari DW Indonesia.

Sri Paus menyatakan bahwa saat ini penyelidikan tengah berlangsung terhadap dugaan penipuan dan penyalahgunaan anggaran Peter Pence, dana amal Paus, yang digunakan untuk membeli properti mewah di pusat kota London, Inggris, senilai € 150 juta atau setara dengan Rp 240 miliar.

Paus sebelumnya menyatakan bahwa pembelian properti tersebut belum tentu penyalahgunaan dana amal tapi sebagai bentuk investasi.

“Anda bisa membeli properti, kemudian menyewakannya, menjualnya. Namun, itu dilakukan demi kebaikan bagi mereka yang membutuhkan,” terangnya.

“Apa yang terjadi, telah terjadi, sebuah skandal. Mereka melakukan perbuatan yang melanggar,” tambah Paus. (NRY-harianindo.com)