Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Gerindra Ali Zamroni melontarkan kritikan terkait isu penghapusan Ujian Nasional (UN) lantaran seolah-olah menutupi permasalahan yang seharusnya diselesaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya masalah kesejahteraan guru dan kualitas pendidikan.

“Masih banyak permasalahan pendidikan yang harus Mendikbud kejar dan prioritaskan. Contohny soal kesejahteraan guru, nasib guru honorer, akses pendidikan, mutu kualitas pendidikan yang merata dan lain sebagainya,” jelas Ali melalui keterangan secara tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia beranggapan bahwa isu penghapusan UN seolah-olah menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu sebagai bentu terobosan yang dilakukan oleh Nadiem Makariem.

Ali menyatakan untuk melakukan penghapusan terhadap UN itu terbilang mudah, namun ia meminta untuk diberikan sejumlah kajian alternatif untuk tetap bisa melakukan uji kompetensi siswa diberbagai bidang.

“Siswa berprestasi di bidang olahraga totol ukurnya bagaiamana, berprestasi di bidang matematika totol ukurnya seperti apa. Menjadikan isu penghapusan UN menjadi pokok urusan yang dikejar merupakan sesuatu hal yang ingin main praktis saja,” tuturnya.

Ali Zamroni juga memberikan sosorotan terkait dengan upaya Nadiem untuk memberikan pendidikan murah dan memiliki kualitas yang baik. (Hr-harianindo.com)