Al Qaeda Klaim Bunuh 2 Sandera PrancisBamako – Dua sandera yang berasal dari Prancis diklaim oleh Al Qaeda telah dibunuhnya di Kota Kidal, Mali. Kedua korban yang diketahui bernama Ghislaine Dupont dan Claude Verlon tersebut telah dibunuh sejak penculikan yang terjadi pada Sabtu, 2 November 2013.

Pembunuhan yang dilakukan oleh Al Qaeda ini disiarkan oleh sebuah situs berita Sahara Media yang berasal dari Mauritania. Dengan adanya laporan ini, saat ini pemerintah Prancis sedang menyelidiki kebenarannya.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Kamis (7/11/2013), Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terkait kebenaran dari laporan tersebut.

Memang Dupont dan Verlon adalah seorang reporter sebuah Radio France Internasional (RFI). Keduanya diculik pada saat meliput konflik yang terjadi di Mali. Sebagaimana yang diketahui bahwa pada awal tahun ini, wilayah Mali di bagian utara telah dikuasai oleh Al Qaeda.

Bahkan dengan memanfaatkan perang saudara yang di Mali, mereka dengan mudah masuk ke Mali. Namun pada akhirnya kedudukan dari Al Qaeda berhasil diusir oleh pemerintah Prancis dengan menurunkan pasukannya. Alhasil, Al Qaeda menyerang warga Prancis sebagai bentuk pembalasan. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)