Gunung Sinabung Masih Terus BeraktifitasJakarta – Sejak senin sore sampai selasa pada dini hari tadi, Gunung Sinabung masih terus beraktifitas dengan mengeluarkan lava pijarnya. Bahkan dari keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sudah ada sekitar 7 letusan yang terjadi dari aktifitas Gunung Sinabung.

Sampai saat ini tercatat belum ada korban jiwa dan para pengungsi sepertinya akan terus bertambah dengan melihat aktifitas Gunung Sinabung yang terus meningkat. Dalam keterangan yang telah dirilis oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (31/12/2013) pagi, terungkap bahwa memang sejak Senin sudah ada 7 kali letusan tepatnya di ketinggian 1.200-7.000 meter dari atas kawah dan terjadi 109 kali guguran.

Sedangkan awan panas meluncur ke arah tenggara yang memiliki jarak sekitar 0,5 -3,5 km. Sebagaimana yang diketahui bahwa memang sejak 24 November 2013 kemarin, status dari Gunung Sinabung berada di status awas level IV.

Bahkan sampai saat ini status tersebut masih bertahan. Alhasil penduduk setempat yang tinggal berada di radius 5 km berjarak dari gunung tepatnya yang tinggal di Kabupaten Karo, Sumatera Utara disarankan untuk berada di pengungsian.

Terutama bagi penduduk yang tnggal di sebelah tenggara, hal ini dikarenakan lava pijar serta awan panas masih terus keluar dari kawah dan menuju ke arah tenggara dengan radius 3.5 km. Pada saat dilakukan pendataan, jumlah penduduk yang saat ini mengungsi terus bertambah jumlahnya. Yang menggembirakan adalah sampai saat ini belum ada korban jiwa akibat adanya letusan dari Gunung Sinabung. (Rani Soraya – www.harianindo.com)