Sutradara Final Fantasy Tactics Butuhkan Sumbangan untuk Game Tactical RPG BarunyaTokyo – Sutradara dari Final Fantasy (FF) Tactics dan Vagrant Story, Yasumi Matsuno, mengadakan sebuah proyek Kickstarter untuk mengembangkan sebuah game baru. Seperti dilansir dari Gamespot (Rabu, 15/1/2014), game yang akan dia kembangkan adalah game tactical-RPG, berjudul Unsung Story.

Unsung Story, diharapkan bisa rilis Juni 2015, akan menceritakan tentang konflik selama 77 tahun antara beberapa karakter dan pasukan. Player nantinya bisa memainkan cerita dari beberapa sudut pandang yang berbeda.

Pasukan dan karakter yang player akan dibedakan menurut kelas (seperti FF tactics) dan dapat berganti-ganti kelas, gameplay disajikan dalam turn-based RPG, serta area pertarungannya ditampilkan 3D dengan kamera yang dapat diatur. Kelas yang tersedia antara lain War Mage, Ballast Knight, Polearm Knight, dengan profesi antara lain Clergy, Noble, dan Pioneer.

Kickstarter adalah sebuah perusahaan yang berbasis internet yang menyediakan layanan untuk membantu pengumpulan dana untuk proyek-proyek kreatif yang berkaitan dengan seni, hiburan, maupun teknologi. Karena Unsung Story menggunakan jasa Kickstarter, maka bisa dikatakan bahwa game tersebut adalah game independen, yang dananya (terkadang tenaga pengembangnya) berasal dari sumbangan para fans dan player. Saat tulisan ini diterbitkan, Unsung Story telah mendapat $ 211.914 atau setara dengan Rp. 2,5 milyar, angka yang fantastis.

Unsung Story akan dirilis untuk iOS dan Android. Namun bila memungkinkan akan dirilis juga di PC, Mac, dan Windows phone. (Rani Soraya – www.harianindo.com)