Hyundai Raih Penghargaan Mobil ‘Terhijau’New York – Jika dilihat dari rekor penjualan mobil berteknologi hybrid yang ramah lingkungan, maka Toyota dan Honda yang masih menduduki peringkat pertama sebagai pabrikan otomotif ‘terhijau’, namun sebuah penelitian di Amerika Serikat memberikan penghargaan untuk pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, sebagai pabrikan ‘terhijau’ untuk tahun 2014. Penghargaan itu sendiri diberikan oleh Union of Concerned Scientist atau kelompok ilmuwan yang meneliti iklim global dan pengawas tenaga nuklir di Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut seakan menjadi jawaban untuk kerja keras Hyundai yang memproduksi mobil-mobil yang berteknologi ramah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir ini, yang berhasil mengalahkan pencapaian pabrikan mobil asal Jepang yang menguasai segmen mobil hybrid, seperti Honda, Toyota dan Nissan. Produk-produk mobil yang membuat Hyundai meraih penghargaan ini adalah Hyundai Sonata dan Kia Optima model hybrid.

Setelah Hyundai yang berada di urutan teratas untuk kategori mobil ‘terhijau’, peringkat dua sampai lima dihuni oleh tiga pabrikan asal Jepang dan satu pabrikan asal Jerman, yaitu Honda, Toyota, Nissan dan Volkswagen yang menutup posisi lima besar. Sementara General Motors, Chrysler Group dan Ford menempati urutan terbawah karena masih belum membuktikan diri memproduksi kendaran yang menghasilkan kadar emisi gas buang yang rendah. (Choirul Anam – www.harianindo.com)