Arjen Robben Dinobatkan Sebagai Pesepakbola Tercepat di DuniaBahia – Arjen Robben menjadi pesepakbola tercepat sepanjang sejarah setelah mencatatkan rekor top speed 37 km/jam saat Belanda melibas Spanyol 5-1 di laga pembuka Grup B. Seperti dilansir dari Dailymail (Selasa, 17/6/2014), bintang Bayern Munchen tersebut sukses membuat Sergio Ramos tak berdaya saat ia mengarungi setengah lapangan menuju area penalty sebelum akhirnya memperdaya Iker Casillas untuk menciptakan gol kelima Oranje pada laga yang berlangsug Jumat (13/6) lalu.

Sebelum Robben mencatatkan rekor baru tersebut, dalam statistik FIFA tercatat pemain Arsenal, Theo Walcott, yang memegang rekor pesepakbola tercepat sebelumnya dengan top speed 35,7 km/jam. Rekor terbaik yang pernah dicatatkan Robben sebelumnya bersama Bayern Munchen ada di angka 30,7 km/jam. Yang membuat spesial adalah rekor yang dipecahkan Robben ia lakukan saat usianya sudah berkepala tiga.

Pemain lain yang mengisi daftar pemain tercepat adalah gelandang Manchester United, Antonio Valencia, yang menempati urutan ketiga dengan 35,2 km/jam. Selanjutnya secara berurutan ditempati oleh Gareth Bale dengan 34,7 km/jam, Aaron Lennon dengan 33,8 km/jam, Cristiano Ronaldo dengan 33,6 km/jam. Di belakang CR7 masih ada nama Lionel Messi dan Wayne Rooney yang menempati urutan tujuh dan delapan dengan top speed 32,5 km/jam dan 32,1 km/jam. Namun titel manusia tercepat tetap menjadi pelari asal Jamaika, Ussain Bolt, dengan kecepatan mencapai 44,72 km/jam yang dicatatkannya pada Kejuaraan Dunia di Berlin pada tahun 2009. (Choirul Anam – www.harianindo.com)