Home > Ragam Berita > Revisi UU KPK Dinilai Tak Mempan Atasi Penyalahgunaan Penyadapan

Revisi UU KPK Dinilai Tak Mempan Atasi Penyalahgunaan Penyadapan

Revisi UU KPK Dinilai Tak Mempan Atasi Penyalahgunaan PenyadapanJakarta – Direktur Eksekutif dari Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Supriyadi W Eddyono, mempertanyakan keputusan DPR untuk merevisi aturan wewenang penyadapan yang dimiliki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Supriyadi, wewenang penyadapan semacam itu juga dimiliki oleh instansi lain di Indonesia, seperti Polri, Kejaksaan, serta Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam siaran pers yang diterima oleh Harian Indo (Sabtu, 27/6/2015), Supriyadi mengatakan bahwa aturan wewenang penyadapan yang dimiliki oleh Polri, Kejaksaan, dan BIN tersebut juga sangat minim. Oleh karena itu, mengapa hanya UU KPK saja yang harus direvisi.

Menurut Supriyadi, jika DPR berniat untuk merevisi mekanisme penyadapan dalam penegakan hukum, maka seharusnya DPR harus melakukan revisi terhadap seluruh perundangan yang mengatur tentang penyadapan tersebut, dan merancang sebuah standar kontrol yang sama di setiap instansi yang memegang wewenang penyadapan tadi, baik itu KPK, Polri, Kejaksaan, dan BIN. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menciptakan sinkronisasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan.

Pihak ICJR sendiri telah merekomendasikan agar DPR melakukan inventarisasi terhadap seluruh aturan yang terkait dengan penyadapan, lalu merancang satu undang-undang yang khusus membahas tentang isu tersebut. Tujuannya adalah agar peraturan wewenang penyadapan, yang selama ini berbeda-beda di tiap instansi penegak hukum, bisa segera terselesaikan.

Supriyadi pun menyimpulkan bahwa langkah DPR untuk merevisi UU KPK tidak akan menyelesaikan masalah pengaturan wewenang penyadapan di Indonesia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mengerikan, Potongan Tubuh Berceceran Pasca Ledakan Bom di Manchester

Mengerikan, Potongan Tubuh Berceceran Pasca Ledakan Bom di Manchester

Manchester – Sebuah bom meledak di Manchester Arena, Inggris, pada Senin (22/5/2017) malam waktu setempat, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis