Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov NTB Siapkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa Kedokteran Bagi Santri Berprestasi

Pemprov NTB Siapkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa Kedokteran Bagi Santri Berprestasi

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dikabarkan telah menyiapkan program beasiswa kuliah kedokteran. Yang cukup unik, beasiswa ini tersedia bagi santri-santri berprestasi.
Pemprov NTB Siapkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa Kedokteran Bagi Santri Berprestasi
Menurut berita yang beredar, beasiswa tersebut bahkan bisa pula digunakan untuk membiayai kuliah pasca-sarjana alias S2 bagi Pegawai Negeri Sipil dan umum.

Ketersediaan program beasiswa tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Nusa Tenggara Barat (NTB), H Rosyadi Sayuti. Dari penelusuran Harian Indo, Sabtu (2/4/2016), Rosyadi mengatakan bahwa Pemprov NTB telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk beasiswa kedokteran bagi para santri yang memiliki prestasi akademik.

“Tujuannya bagus, supaya santri tidak berfikir bahwa dia harus lanjut ke perguruan tinggi agama, tapi bisa berkiprah di universitas lain,” tutur Rosyadi.

Rosyadi menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk komitmen Pemprov NTB untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia setempat.

Ia lantas menerangkan beasiswa ini memiliki kuota, yakni 10 orang santri berprestasi. Mereka yang diterima dalam program beasiswa ini harus juga harus lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Mataram.

“Sebenarnya kuota hanya lima orang. Tapi karena kuota tahun lalu tidak terpenuhi, tahun ini diakumulasikan menjadi 10 orang,” terangnya.

Agar kuota tersebut bisa terpenuhi, pihaknya bekerja sama dengan Universitas Mataram akan melakukan semacam bimbingan belajar intensif bagi santri yang dinilai memiliki potensi besar.

“Mudahan bisa terpenuhi kuota 10 santri berprestasi, kalau tidak, maka tahun depan lagi diseleksi,” pungkasnya. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Bakal Selenggarakan Zikir Bersama, Polda Undang Ulama Se-DKI

Bakal Selenggarakan Zikir Bersama, Polda Undang Ulama Se-DKI

Jakarta – Polda Metro Jaya mengumpulkan ulama se-DKI Jakarta. dalam acara giat zikir bersama bakda ...