Yogyakarta – Forum Umat Islam (FUI) Yogyakarta, Rabu (7/12/2016), dikabarkan mendatangi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Pasang Gambar Mahasiswi Berhijab, Universitas Kristen Ini Berikan Penjelasan

Kedatangan dari perwakilan FUI ini untuk menyampaikan sikap keberatan atas adanya baliho penerimaan mahasiswa baru yang memuat tampilan mahasiswa berjilbab.

“Pada hari Rabu 7 Desember 2016 pukul 09.00 pagi, di kantor advisi dan promosi didatangi dua orang tamu yang mengatasnamakan ormas Islam dan Aliansi Jurnalis Islam Bersatu,” ujar Henry Feriadi, Rektor UKDW, dalam jumpa pers, Kamis (8/12/2016).

Henry menuturkan, kedatangan dua orang tamu tersebut untuk meminta agar baliho promosi yang berada di depan kampus UKDW diturunkan. Alasan yang dikemukakan adalah karena isinya memuat gambar mahasiswi UKDW yang berjilbab.

“Menurut mereka, simbol Islam dan pemuatannya tidak meminta izin dari ormas tersebut. Mereka memberi waktu pukul 12.00 siang untuk diturunkan karena isinya menyesatkan,” katanya.

Tidak hanya sekali, sekitar pukul 12.15 WIB siang, lanjutnya, datang lagi enam orang yang mengaku dari FUI ke UKDW. Kedatangan mereka untuk melakukan cek silang atas tuntutan yang disampaikan pagi tadi.

“Menyampaikan tuntutan tambahan agar semua baliho UKDW di beberapa titik diturunkan,” ucapnya.

Henry menambahkan, setelah itu, staf dan pimpinan kampus melakukan rapat. Atas permohonan dari ormas Islam tersebut, pihaknya memutuskan untuk melepas baliho di beberapa titik yang memuat mahasiswi berjilbab tersebut.

Baca juga: FUI Merasa Terganggu Karena Universitas Kristen Pasang Poster Mahasiswi Berhijab

“Atas permohonan tersebut, saya memutuskan untuk segera diturunkan. Sebenarnya, baliho tersebut juga sudah terpasang tiga bulan dan sudah waktunya untuk diturunkan, ganti desain,” ujarnya. (Yayan – www.harianindo.com)