Palermo – Kiper Timnas Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon, menorehkan catatan spesial saat menjalani laga kontra Albania, Sabtu (25/3/2017) di Stadion Renzo Barbera. Laga tersebut merupakan laga ke-1000 Buffon sepanjang kariernya di sepak bola profesional.

Buffon Jalani Laga Ke-1.000 Sepanjang Kariernya

Gianluigi Buffon

Kemenangan 2-0 Italia atas Albania pun menjadi kado yang manis bagi Buffon. Hasil ini juga terasa spesial mengingat Buffon yang juga kapten Timnas Italia saat ini.

Kemenangan atas Albania diperoleh dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Buffon benar-benar sempurna pada laga itu, rekor clean sheet-nya bertambah. Total ia melakukan 426 clean sheet dalam kariernya atau 43 persen secara keseluruhan.

Buffon juga tampil penuh dalam pertandingan kontra Albania. Meski laga sempat berhenti akibat lemparan flare ke lapangan, hal itu sama sekali tidak mengganggu konsentrasi kiper berusia 39 tahun tersebut.

Baca juga: Xabi Alonso Ungkap Dirinya Nyaris Berseragam Arsenal atau Juventus

Dari 1.000 pertandingan, ini juga menjadi caps dia ke-168 untuk Gli Azzurri. Bersama Juventus, dia melakoni 612 laga, dan dengan kostum Parma, ia bermain sebanyak 220 kali. Caps pertamanya dengan seragam Timnas senior Italia terjadi pada 29 Oktober 1997, saat usianya baru menginjak 19 tahun 9 bulan. (Yayan – www.harianindo.com)