Home > Unik > Misteri > Netizen Minta Suku Mante di Aceh Jangan Diusik

Netizen Minta Suku Mante di Aceh Jangan Diusik

Jakarta – Kemunculan manusia kerdil yang diduga adalah suku Mante seketika menjadi topik pembicaraan banyak orang. Suku itu memang masih misterius lantaran keberadaan aslinya sulit ditemukan.

Netizen Minta Suku Mante di Aceh Jangan Diusik

“Memang ini adalah salah satu suku yang dianggap sebagai suku tertua orang Aceh,” tutur arkeolog dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Husaini Ibrahim, Senin (27/3) kemarin.

Keberadaan orang Mante di era modern sendiri masih penuh tanda tanya. Kebanyakan hanya berupa kabar kesaksian yang sulit dipercaya atau hanya jejak-jejak mungil di tanah yang ditemukan pelintas.

“Pedalaman Aceh mulai Aceh Besar dan mentoknya di Aceh Tenggara itu kan tersambung. Dulu juga pernah ditemukan mereka di pedalaman Lokop, Kabupaten Aceh Timur,” kata Mulyadi.

Sosok makhluk kecil itu awalnya diunggah oleh akun YouTube atas nama Fredography dengan judul ‘HEBOH ! Kaget ada orang telanjang di hutan Aceh’, yang diunggah pada 22 Maret lalu. Bila dilihat di kolom komentar, kebanyakan warga internet ingin agar orang-orang Mante tak diusik oleh manusia modern.

“Setidaknya saya salut dgn penggugah video ini untuk tidak menyebutkan TKP secara detail…!! saya mengerti maksud anda!! respect….,” kata akun Atto Item.

“Tak perlu mengusiklah…..hai orang modern….kalian emang sukanya mengusik kehidupan orang yg seperti itu…,” kata love channel.

“Jangan usik suku Mante. Mereka itu juga manusia biasa. Mereka punya hak memperoleh kehidupan yang layak,” tuturnya.

Baca juga : Mensos Buka Suara Terkait Keberadaan Orang Pendek di Hutan Aceh

Arkeolog Husaini Ibrahim pun menyebut sifat suku Mante yang selalu menghindari kontak dengan masyarakat luar. Terlepas dari ciri-ciri fisiknya, orang Mante adalah manusia juga. (Icha – www.harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Pedagang Ayam Taliwang Ungkap Kesaktian Pak Harto

Simak, Pedagang Ayam Taliwang Ungkap Kesaktian Pak Harto

Jakarta – Hj. Baiq Hartini menceritakan kisah tentang kesaktian dari Presiden kedua RI, Soeharto. Pada ...