Home > Teknologi > Sains > Wow, Antartika Ternyata Menyimpan Gunung Berapi di Bawah Hamparan Es

Wow, Antartika Ternyata Menyimpan Gunung Berapi di Bawah Hamparan Es

London – Belum lama ini, studi terkait antariksa mengungkapkan fakta baru. Mereka menjelaskan adanya hamparan besar gunung berapi di bawah es Antartika. Kabarnya, para ilmuwan mendapati 91 gunung berapi yang belum diungkapkan sebelumnya.

Wow, Antartika Ternyata Menyimpan Gunung Berapi di Bawah Hamparan Es

Sebagaimana diberitakan space.com pada Kamis (17/8/2017), gunung berapi yang berhasil ditemukan memiliki ketinggian hingga 3.850 meter di wilayah yang dikenal sebagai West Antartika Rift System (WARS). Menurut para peneliti dari University of Edinburgh, daerah ini sebanding dengan daerah vulkanik padat di Afrika Timur dan Amerika Utara.

Karena lapisan es yang menutupi medannya, para ahli geologi merasa sangat sulit untuk mempelajari Antartika untuk mendapatkan tanda-tanda sistem vulkanik. Untuk mengatasi hambatan yang timbul oleh alam, tim ilmuwan dari jarak jauh menyurvei bagian bawah es menggunakan model elevasi digital yang dikenal dengan sebutan Bedmap 2 DEM.

Dari 178 gedung besar, 91 di antaranya digambarkan sebagai gunung berapi yang belum ditemukan sebelumnya. Studi tersebut menunjukkan bahwa kepadatan gunung berapi di WARS adalah 1 gunung berapi per 4.800 mil persegi.

Peneliti sebelumnya telah menunjukkan aktivitas seismik di Antartika, hal itu tidak dipikirkan telah berdampak pada kemunduran es sekarang. Itu tidak terjadi di Islandia, di mana studi menemukan adanya peningkatan aliran es akibat letusan subglasial.

Memang, Antartika Barat mengandung selembar es yang lebih tebal, namun hal tersebut tidak cukup untuk mencegah pengaruh gangguan vulkanik pada arus es di masa depan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Heboh Makam Keluarkan Cairan Mirip Darah, Ini Penjelasan Ahli Geologi

Heboh Makam Keluarkan Cairan Mirip Darah, Ini Penjelasan Ahli Geologi

Balikpapan – Beberapa hari lalu warga di Balikpapan, Kalimantan Timur, dihebohkan dengan sebuah makam yang ...