Home > Ragam Berita > Nasional > Salah Ucap Teks Pancasila, Gubernur Ini Justru Usul Ubah Urutan Sila

Salah Ucap Teks Pancasila, Gubernur Ini Justru Usul Ubah Urutan Sila

Polewali Mandar – Video Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar yang salah dalam mengucapkan urutan sila dalam Pancasila menjadi viral di media sosial.

Salah Ucap Teks Pancasila, Gubernur Ini Justru Usul Ubah Urutan Sila

Terkait hal ini, Ali Baal Masdar mengakui bahwa dirinya memang salah dalam mengucapkan teks Pancasila saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan di Mamuju, Sulawesi Barat, 10 November 2017 lalu.

Namun demikian, Ali beralasan behwa dirinya ingin mendekatkan sila pertama dan sila kelima yang menurutnya terlalu jauh.

Menurut Ali, semakin maraknya aksi terorisme dan gerakan radikal disebabkan salah satunya karena sila Ketuhanan dan sila Keadilan Sosial terlalu berjarak.

“Saya salah ucap, sila kedua di bawah sila kelima, kenapa? Karena saya selalu berpikir radikalisme, terorisme, komunisme, aksi demo, dan persoalan lainnya karena masih terlalu jauh antara sila pertama dengan sila kelima Pancasila,” kata Ali Baal di depan ratusan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Selasa (14/11/2017).

Ali Baal bahkan mengusulkan apakah bisa bila urutan sila Pancasila diubah sehingga sila pertama dan kelima tidak terlalu jauh.
“Bisakah sila pertama pancasila didekatkan dengan sila kelima Pancasila? Itu masalahnya,” ujar Ali Baal.

Berikut rekaman video saat Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar salah membacakan urutan teks Pancasila:


(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Bantah Lulung, Ombudsman Temukan Bukti Pungli dan Premanisme di Tanah Abang

Bantah Lulung, Ombudsman Temukan Bukti Pungli dan Premanisme di Tanah Abang

Jakarta – Secara mengejutkan OMBUDSMAN Republik Indonesia (ORI) mengumukan bahwa terdapat malaadministrasi dan pungutan liar ...