Home > Otomotif > Mobil > Begini Cara Tepat Mencuci Mobil Warna Putih

Begini Cara Tepat Mencuci Mobil Warna Putih

Jakarta – Mobil dengan warna putih saat ini paling banyak dicari orang. Tidak hanya mobil baru, mereka yang mencari mobil bekas atau ingin merestorasi cat, warna putih menjadi pilihan pertama.

Begini Cara Tepat Mencuci Mobil Warna Putih

Namun demikian, mobil dengan cat warna putih rentan terhadap noda, jamur, dan karat. Karena itu, perawatan mobil warna putih juga perlu mendapatkan perlakuan khusus, termasuk dalam hal mencuci mobil.

Berikut ini sejumlah langkah yang sebaiknya dilakukan saat mencuci mobil warna putih:

1. Bersihkan Terlebih Dahulu Kotoran Yang Menempel
Gunakan kemoceng atau semprotan air bertekanan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada bodi mobil sebelum mencucinya dengan sabun.

2. Cuci Dengan Air Bersih
Cucilah dengan air bersih yang tidak asin atau tidak mengandung garam. Karena bila air yang digunakan memiliki kualitas yang buruk maka biasanya akan menimbulkan jamur serta noda kuning pada bodi mobil.

3. Pilihlah Shampo Mobil Yang Baik
Sebaiknya jangan menggunakan shampo mobil yang mengandung banyak deterjen atau busa karena bisa merusak lapisan pelindung pada cat mobil. Pilihlah shampo mobil keluaran merk ternama yang banyak dijual di pasaran.

4. Pakailah Lap Khusus
Sebaiknya jangan menggunakan sponge saat mencuci mobil. Gunakan lap khusus untuk mencuci mobil seperti microfiber wash mitt. Bersihkan seluruh bodi mobil dengan menggunakan shampoo, lalu bilas kembali dengan air bersih.

5. Keringkan Mobil
Setelah mobil dibilas dengan air bersih, keringkan dengan menggunakan lap khusus yang serat halus dan memiliki kemampuan menyerap air dengan baik. Jangan sisakan air yang menempel karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar atau berjamur.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Wax
Pemilik mobil biasanya menggunakan wax pada bodi mobil setelah mobil kering agar mobil nampak lebih mengkilap. Namun demikian, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan wax karena dapat merusak lapisan pernis pada cat mobil.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Pihak Daihatsu Berikan Penjelasan Soal Video Viral Ayla Tak Kuat Nanjak

Pihak Daihatsu Berikan Penjelasan Soal Video Viral Ayla Tak Kuat Nanjak

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini telah beredar sebuah video tentang mobil Ayla yang tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135