Home > Ragam Berita > Nasional > Jonru Bakal Ajukan Banding Atas Vonis Hakim PN Jaktim

Jonru Bakal Ajukan Banding Atas Vonis Hakim PN Jaktim

Jakarta – Djuju Purwanto, tim kuasa hukum Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting, mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan banding atas vonis 1,5 tahun penjara yang diputuskan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur terhadap kliennya.

Jonru Bakal Ajukan Banding Atas Vonis Hakim PN Jaktim

“Rencana Kamis (22/3/2018) kami akan serahkan berkas ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur, waktunya akan saya infokan lagi,” ucap Djuju pada Rabu (21/3/2018).

Djuju menyampaikan, pihaknya mengajukan banding karena merasa ada kesalahan majelis hakim dalam penerapan hukum terkait perkara Jonru. “Apa yang di-posting Jonru adalah pernyataan atas dasar akidah sesuai agama Islam yang bersumber dari Al Quran dan hadis,” ucapnya.

Ia mencontohkan postingan Jonru soal aliran syiah dan soal mengenakan hijab bagi wanita Muslim yang menurut dia tidak ada yang salah dan tidak melanggar hukum pidana.

Djuju juga mengatakan bahwa hakim menjatuhkan putusan tanpa mempertimbangkan bukti-bukti dan fakta hukum dalam persidangan yang diajukan Jonru.

“Tidak terbukti Jonru menyebarkan kebohongan, kebencian, dan permusuhan berdasarkan SARA sesuai keterangan saksi ahli,” kata Djuju.

Baca juga: JK Nilai Hukuman Pancung di Aceh Hanya Wacana

Dia juga menyampaikan, postingan Jonru selama ini merupakan bagian dari kritik yang membangun. Menurut Djuju, tidak ada akibat negatif dari postingan kliennya di media sosial.

Sementara itu, Jonru dinyatakan hakim bersalah melakukan beberapa perbuatan dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang mengandung kebencian. Selain divonis 1 tahun 6 bulan penjara, Jonru diwajibkan membayar denda Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Nasdem Tuding Rizal Ramli Gengsi Akui Kesalahannya

Nasdem Tuding Rizal Ramli Gengsi Akui Kesalahannya

Jakarta – Keputusan Rizal Ramli yang melaporkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke polisi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135