Home > Gaya Hidup > Anda Cukup Minum Hari Ini? Cek Dengan Cara Sederhana Ini

Anda Cukup Minum Hari Ini? Cek Dengan Cara Sederhana Ini

Jakarta – Untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari para ahli kesehatan selalu menyarankan untuk minum minimal 8 gelas setiap harinya.

Anda Cukup Minum Hari Ini? Cek Dengan Cara Sederhana Ini

Apakah kebutuhan cairan Anda sudah cukup hari ini?

Menurut National Library of Medicine, ada cara sederhana untuk mengetahui apakah tubuh sudah mendapatkan cukup cairan atau belum.

Anda cukup mencubit bagian kulit punggung tangan Anda dengan ibu jari dan telunjuk Anda. Tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan.

Bila kulit langsung kembali ke posisi semula, itu berarti Anda cukup mendapatkan cairan. Namum bila tidak maka turgor kulit Anda memberi tahu Anda bahwa tubuh masih memerlukan asupan cairan.

Turgor kulit atau elastisitas kulit, yakni kemampuan kulit untuk berubah bentuk dan kembali ke bentuk normalnya.

Atau Anda juga bisa memeriksa kadar hidrasi Anda dengan melihat kondisi urine. Bila urine terlihat bening dan tidak berbau berarti Anda cukup mendapatkan asupan cairan. Namum bila urine berwarna kuning gelap dan berbau, itu menandakan Anda harus lebih banyak minum.

Asupan cairan bisa dari air putih atau minuman lainnya. Namun yang perlu diingat dari minuman selain air putih, harus dilihat kandungan kafein atau gula yang terkandung di dalamnya agar tidak berlebihan di dalam tubuh.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Jakarta – Salah satu momok paling menakutkan bagi wanita di seluruh dunia adalah penyakit kanker ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135