Solo – Nikon berencana meluncurkan kamera mirrorless terbaru dalam waktu dekat. Kamera mirrorless full-frame ini rencananya diumumkan pada 23 Juli 2018 dan resmi dirilis Agustus 2018 mendatang. Sementara itu, pesaing Nikon, Canon, kabarnya meluncurkan kamera mirrorless model full-frame pada September 2018.

Nikon Berncana Meluncurkan Kamera Mirrorles Full Frame

Tapi, Nikon diam-diam menghentikan produksi kamera mirrorless seri pertama. Rumor soal niat Nikon menghentikan produksi kamera mirrorless ini memang telah lama dibicarakan. Sebab, produk ini meluncur tiga tahun lalu, tepatnya 2015, dan tidak diperbarui sampai sekarang.

“Kamera, lensa, dan aksesori mirrorless seri pertama tidak akan diproduksi lagi,” demikian penjelasan pihak Nikon melalui situs resminya seperti dikabarkan Engadget.

Meski demikian, beberapa kamera mirrorless Nikon seri pertama, yakni J5, V3, dan AW 1, masih tersedia dan bisa dibeli secara online. Kamera mirrorless Nikon itu kali pertama diproduksi pada 2011 dengan produk J1 dan V1.

Selanjutnya, mereka meluncurkan 11 kamera berbeda dan 12 lensa sebagai pelengkap. Mereka juga mengeluarkan aksesori lain seperti flash, case, dan GPS. Sayang, Nikon tidak menyebutkan detail alasan penghentian produksi kamera mirrorless seri pertama itu.

Kamera mirrorless menjadi primadona di dunia fotografi. Kualitas gambar yang tajam dengan bodi ramping membuat kamera ini tak kalah saing dengan DSLR. Itulah sebabnya kini banyak orang yang menggunakan kamera mirrorless ketimbang DSLR untuk mengabadikan berbagai momen. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)