Home > Ragam Berita > Nasional > Ternyata Ini Penyebab Tsunami Yang Terjadi di Palu

Ternyata Ini Penyebab Tsunami Yang Terjadi di Palu

Jakarta – Bencana Tsunami yang terjadi di Palu pada Jumat (28/92018) kemarin disebabkan karena dua hal. Salah satunya akibat longsoran sedimen di dasar laut yang terjadi pasca gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah.

Ternyata Ini Penyebab Tsunami Yang Terjadi di Palu

“Kenapa terjadi tsunami cukup besar, kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa ahli tsunami ada 2 penyebab. Pertama, di Teluk Palu, yang kalau berdasarkan video tsunami menerjang cukup tinggi, ini disebabkan ada longsoran sedimen dasar laut kedalaman 200-300 meter,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Menurut penuturan Sutopo, sedimen yang dibawa dari sungai ke Teluk Poso belum terkonsolidasi dengan kuat sehingga saat diguncang gempa terjadi longsor.

“Ketika diguncang gempa 7,4 SR tadi akhirnya runtuh, longsor, dan membangkitkan tsunami. Kalau dilihat video di Pantai Talise, tsunami awal itu airnya jernih, tetapi kemudian datang dari laut bergelombang dan naik-turun airnya kondisinya keruh. Menurut analisis ahli, itu kemungkinan dipicu longsoran di dasar laut,” jelasnya.

Sedangkan penyebab yang kedua yakni terjadinya gempa lokal. Tsunami yang muncul tidak sebesar akibat longsoran bawah laut.

“BNPB sudah berkoordinasi untuk segera mengirimkan para ahli tsunami untuk menganalisis lebih jauh menghitung tinggi tsunami,” ucapnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Minahasa Imbau Warga Tidak Mendekati Gunung Soputan

Bupati Minahasa Imbau Warga Tidak Mendekati Gunung Soputan

Minahasa – Bupati Minahasa Royke Roring meminta warganya untuk menjauhi Gunung Soputan selama terjadi letusan. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135