Jakarta – Setelah akhir-akhir ini polemik mengenai mobil pikap Esemka Bima yang dituding menjiplak mobil Changan Star Truck bergulir di dunia maya, Airlangga Hartarto angkat bicara. Menteri Perindustrian itu mengatakan bahwa memang Esemka terlibat kerja sama dengan pabrikan asal Tiongkok tersebut.

“Ya pasti, antara pabrikan itu punya kerja sama seperti dulu Proton pernah kerja sama dengan Suzuki Indonesia, sehingga impor completely knock down (CKD) dari Indonesia,” kata Airlangga pada Selasa (10/09/2019).

Meski ada hubungan kerja sama, namun tidak serta merta hal tersebut dikatakan sebagai penjiplakan. Menurut Airlangga, praktik tersebut memang sudah lumrah dalam dunia industri otomotif.

Baca Juga: Spesifikasi Mobil China yang Dibilang Mirip Esemka, Benar Mirip?

Ia pun mencontohkan bagaimana Vietnam bekerjasama dengan BMW asal Jerman untuk membangun mobil VinFast. Diketahui bahwa mobil tersebut memiliki platform yang sama dengan BMW.

“Ini bukan soal jiplak-jiplakan tapi multi sources (banyak sumber) dan banyak platform. Dan mereka punya kerja sama,” ujar Airlangga.

Dikabarkan sebelumnya bahwa sejumlah pihak menuding Esemka telah menjiplak Changan Star Truck sebagai dasar mobil Esemka Bima. Tak hanya mirip secara eksterior, mesin pacunya pun juga sama-sama menggunakan mesin 1.2L E-Power I4 DOHC. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 96,5 hp dan torsi maksimum 119 nm. (Elhas-harianindo.com)