Jakarta — Indonesia sedang berduka lantaran kehilangan putra terbaiknya, BJ Habibie.

Presiden ke-3 RI itu dikenal erat dengan peswat terbang, tapi Habibie juga ternyata punya hobi di dunia otomotif.

Habibie punya sederet mobil antik dan langka. Salah satunya yang bisa dikatakan sudah sangat jarang ditemui adalah Mercedes-Benz 300 SL Coupe lansiran 1954 hingga 1957.

Mobil tersebut merupakan mobil istimewa yang menjadi incaran para kolektor mobil antik dunia. Bentuknya yang aerodinamis dengan pintu yang dibuka ke atas seakan mendobrak teknologi di eranya.

Bentuk pintu inilah yang membuat Mercedes-Benz 300 SL Coupe ini disebut Gullwing. Ada cerita unik saat Habibie mendapatkan Mercy Gullwing antik tersebut.

Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, sempat membeberkan di sebuah kesempatan di Semarang. “Mobil Gullwing ini didapat dari dalam hutan di Jambi. Mobilnya sudah jadi rongsokan dan tersangkut di atas pohon,” kata Rubi, sapaan Rubijanto.

Rubi menambahkan tak ada yang tahu mengapa Gullwing ini ada di sana, apalagi bisa berada di atas pohon. Kabarnya, Mercy Gullwing tersebut milik keluarga kerajaan di Jambi dan sengaja disembunyikan di hutan pascakemerdekaan Indonesia.

Sempat ada yang berpikir bahwa Mercy Gullwing ini merupakan pesawat UFO (unindentified flying object) dari luar angkasa. Maklum saja bentuknya unik dan futuristis, bahkan jika disandingkan dengan mobil saat ini.

Singkat cerita, Gullwing ini kemudian ditemukan oleh sejumlah mahasiswa ITB yang sedang KKN di sana. Mobil akhirnya dibawa ke Bandung dan kabar ini sampai ke Habibie. (Hr-harianindo.com)