Jakarta – Setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) membatalkan kuliah umum yang sedianya diisi oleh Ustaz Abdul Somad (UAS), hal yang sama juga terjadi di Belanda. Rencana awalnya, UAS akan mengisi acara Tabligh Akbar yang dibarengi dengan penggalangan dana untuk pembangunan masjid fase 2 di Amsterdam, Belanda.

Informasi tersebut diumumkan oleh Persatuan Pemuda Muslim se-Europa (PPME) Al-Ikhlash Amsterdam. Surat pembatalan tersebut dibubuhkan tanda tangan milik Ketua PPME Hansyah Iskandar Putera dan Wakil Ketua Hasanul Hasibuan.

Tercantum dalam surat tersebut bahwa sedianya, UAS bakal mengisi acara yang akan diselenggarakan pada Sabtu (19/10/2019) di Westermoskee Aya Sofya, Amsterdam. Akan tetapi, PPME memutuskan untuk membatalkan acara tersebut lantaran situasi yang tidak kondusif.

“Mengingat situasi dan keadaan yang semakin tidak kondusif dan setelah melalui banyak pertimbangan maka dengan ini kami memutuskan bahwa acara tersebut ‘DIBATALKAN’,” bunyi surat tersebut.

“Adapun keputusan ini kami lakukan untuk menjaga ketenangan jamaah PPME Al-Ikhlash Amsterdam,” lanjutnya.

Baca Juga: Jubir Prabowo Kritik Pimpinan UGM Terkait Batalnya Kuliah Umum UAS

Selain itu, PPME juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengembalikan biaya pendaftaran acara yang sudah disalurkan dari para peserta.

“Untuk jemaah yang telah mendaftar, panitia akan secepatnya mengembalikan biaya pendaftaran secara kontan atau lewat rekening bank,” tulis surat itu.

Ketika dikonfirmasi, salah satu panitia acara yang bernama Yeyen membenarkan informasi tersebut. Akan tetapi Yeyen tidak memberikan jawaban rinci terkait alasan keputusan itu.

“Benar, acara UAS di Ams dibatalkan. Alasannya seperti keterangan di surat pemberitahuan. Selebihnya saya tidak bisa kasih jawaban/alasan lainnya,” kata Yeyen. (Elhas-harianindo.com)