Toyota FCV-R

Toyota FCV-R

Washington – Produsen mobil  Toyota berencana akan meluncurkan mobil dengan bahan bakar hidrogen. Dengan demikian, ini adalah seri  pertama yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Seperti yang dilansir dalam Automotive News, Kamis (1/5/2013), Chris Hostetter selaku Group Vice President of Strategic Planning Toyota Motor Sales Amerika mengatakan bahwa nantinya mobil Toyota yang berbahan bakar hidrogen ini konsepnya sama dengan FCV-R.

Memiliki penampilan seperti Toyota Prius, yaitu sebuah sedan dengan empat pintu. Dalam Tokyo Motor Show yang berlangsung pada tahun 2011 lalu, Toyota telah memamerkan FCV-R . Konsepnya adalah sebuah mobil hybrid dengan dengan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Dalam pameran tersebut, FCV- R ini hanya menghasilkan emisi berupa air. Tentunya konsep yang ramah lingkungan bukan? Kini, hanya perlu waktu dua tahun lagi untuk Toyota kembali meluncurkan mobil yang berbahan bakar hidrogen.

Dengan adanya mobil ini, maka Toyota telah menjawab beberapa permintaan yang menginginkan adanya mobil berbahan bakar hidrogen. Hal ini merupakan langkah lanjutan setelahToyota dan Honda bekerja sama untuk  mengembangkan sebuah tempat pengisian bahan bakar hidrogen yang berlokasi di Los Angeles.

Toyota menyakini bahwa jika mobil ini diisi dengan hidrogen yang berisi penuh, maka ia dapat melaju mencapai 700 km bahkan lebih. Sayangnya dengan rencana besar ini, Toyota hanya memproduksi mobil ini sedikit. Hal ini disebabkan karena infrastruktur yang masih kurang memadai.

Namun demikian, pihak Toyota menyatakan bahwa mereka ingin penjualan mobil hidrogen ini dapat mencapai angka 2.000 unit dalam setahun untuk lingkup dunia. Saat ini Toyota hanya akan menjualnya di California dan New York. Untuk bisa mendapatkan mobil ini, maka Anda harus menyiapkan dana sekitar US$ 100 ribu atau Rp 971 jutaan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)